Tujuan Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Posted on

Salah satu hal yang ingin dicapai oleh suatu bangsa terlebih negara berkembang adalah adanya pembangunan ekonomi. Tujuan pembangunan ekonomi ini tidak lain untuk kesejahteraan seluruh warga negara. Negara yang maju secara ekonomi akan mampu berkembang dan bersaing dikancah dunia dengan negara lainnya. Pembangunan ekonomi adalah proses peningkatan pendapatan total negara serta pendapatan penduduk per kapita. Peningkatan pendapatan ini terjadi dengan memperhatikan beberapa faktor pembangunan ekonomi seperti bertambahnya jumlah penduduk dan adanya perubahan dasar struktur ekonomi dalam sebuah negara.

Pembangunan ekonomi terjadi dan dilakukan bukan tanpa tujuan. Tujuan utamanya yaitu untuk mencapai kesejahteraan hidup masyarakat suatu negara. Jika dijabarkan lebih lanjut, ada beberapa tujuan dari terjadinya peningkatan ekonomi ini, diantaranya:

Baca Juga : 10 Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando

  1. Peningkatan pendapatan per kapita

Pendapatan per kapita merupakan nilai pendapatan rata-rata yang diperoleh penduduk negara. Hal ini menjadi salah satu tujuan utama dari pembangunan ekonomi negara, khususnya Indonesia. Pembangunan ekonomi yang berjalan baik diharapkan dapat menambah pemasukan devisa negara yang pastinya juga akan berpengaruh pada pendapatan per kapita. Tingginya pendapatan per kapita suatu negara ini nantinya menjadi indikator sukses dan sejahtera atau tidaknya sebuah negara.

  1. Peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat

Pembangunan ekonomi yang dilakukan merata di berbagai daerah memiliki tujuan agar taraf hidup masyarakat antar daerah juga seimbang. Diharapkan tidak ada kesenjangan ekonomi antara daerah yang berbeda sehingga masing-masing masyarakat daerah memiliki tingkat taraf hidup yang setara.

  1. Peningkatan laju pertumbuhan di bidang ekonomi

Adanya pembangunan ekonomi tentu memberikan pengaruh pada berubahnya laju pertumbuhan ekonomi. Semakin banyak pembangunan ekonomi yang dilakukan maka laju pertumbuhan ekonomi negara juga akan berjalan lebih pesat.

  1. Menekan adanya kesenjangan sosial di kalangan masyarakat

Tujuan pembangunan ekonomi ini berkaitan dengan poin 1 dan 2. Meningkatnya pendapatan per kapita negara di tiap-tiap daerah akan membuat jarak antara kalangan ekonomi atas dan bawah akan semakin sempit. Pendapatan per kapita yang meningkat disertai meratanya kesejahteraan hidup membuat masyarakat tidak lagi mengalami kesenjangan berlebihan antara si miskin dan si kaya yang diharapkan memberikan pengaruh yang baik kondisi psikologis masyarakat.

  1. Penyediaan lapangan pekerjaan

Pembangunan ekonomi yang dilakukan dalam berbagai bentuk tentunya membutuhkan tenaga-tenaga kerja yang kompeten di bidangnya masing-masing. Semakin tingginya pertumbuhan ekonomi yang terjadi maka daya serap tenaga kerja akan semakin tinggi sehingga akan menurunkan angka pengangguran di tanah air. Semakin rendahnya angka pengangguran tentu akan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat yang berarti tujuan dari pembangunan ini dikatakan berhasil dicapai..

Baca Juga : Apa Saja 10 Prinsip Ekonomi? Berikut Penjelasannya

  1. Penurunan angka kemiskinan

Tujuan pembangunan ekonomi guna memberikan banyak lapangan kerja untuk masyarakat tentu dapat sangat membantu masyarakat dari sisi ekonomi. Adanya lapangan pekerjaan ini dapat membantu menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Semakin banyak dilakukan pembangunan ekonomi maka akan semakin banyak tenaga kerja yang mendapatkan bayaran dari pekerjaannya sehingga diharapkan angka kemiskinan akan berkurang.

  1. Peningkatan kualitas serta kuantitas produksi

Contoh pembangunan ekonomi adalah peningkatan produksi baik barang dan jasa yang juga semakin pesat. Pembangunan ekonomi di sektor produksi ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas produksi serta kualitas barang yang dihasilkan. Semakin tinggi pembangunan ekonomi berarti semakin banyak pihak yang terjun di sektor produksi ini yang berakibat adanya peningkatan kualitas untuk dapat tetap bertahan dalam persaingan antar produsen

 

Leave a Reply