Teori Pembangunan Ekonomi Terkenal

Diposting pada

Ekonomi adalah salah satu subjek yang bila dibicarakan akan menjadi topik yang menarik, sekaligus menjadi momok pertengkaran karena ekonomi juga bisa dianggap topik yang sensitif jika disinggung lebih dalam. Di Indonesia sendiri, topik perekonomian setiap harinya pasti akan dibicarakan. Jika ada salah satu bahan pangan yang naik, pasti itu akan menjadi bahan berita di berbagai media. Dengan banyaknya pemberitaan tentang ekonomi Negara yang lemah, sudah pasti pihak dari pemerintah berusaha untuk mengembangkan teori pembangunan ekonomi di beberapa bidang agar perekonomian Negara tidak lagi terpuruk. Pembangunan ekonomi tidak dilihat dari harga pangan yang murah serta bahan bakar yang bersubsidi, tapi ekonomi Negara bisa juga dikatakan bagus, apabila ada bagian yang terlaksana dengan baik.

Baca Juga : Sistem Ekonomi Indonesia yang Masih Digunakan Hingga Kini

Satu subjek atau proyek yang pemerintah rencanakan guna mengembangakan teori pembangunan ekonomi tentu saja perlu pertimbangan yang matang. Sejauh ini, di pemerintahan presiden yang sekarang, kini perekonomian Indonesia sudah semakin membaik dari pada 3 tahun lalu dimana presiden Jokowi baru memulai memerintah Indonesia. Tapi memang pandangan masyarakat berbeda-beda. Tanggapan tersebut menjadi pro dan kontra tentang kemajuan ekonomi yang ada di Tanah Air.  Indikator pembangunan ekonomi suatu Negara dilihat dari kacamata masyarakat umum adalah berdasarkan dari harga bahan pokok yang tidak lagi mahal, bahan bakar yang mendapatkan subsidi, dan yang paling penting adalah tingkat pengangguran mulai sedikit di Indonesia.

Memang hal-hal tersebut masuk ke dalam teori pembangunan ekonomi yang umum dibicarakan oleh masyarakat awam. Di Indonesia sendiri tingkat pengangguran masih banyak dan perlu uluran tangan secara khusus dari tangan pemerintah agar permasalahan ini bisa cepat selesai. Tapi memang semuanya tidak bisa dilakukan mudah seperti membalikkan tangan. Ada tahap-tahapan yang harus pemerintah lakukan untuk membuat perekonomian Negara menjadi stabil. Bahkan pembangunan ekonomi menurut para ahli berbeda-beda tergantung dari situasi dan kondisi di mana sang para ahli tinggal dengan kondisi perekonomian yang sedang terjadi.

Faktor yang Mempengaruhi Pembangungan Ekonomi

Pembangunan ekonomi bisa terjadi karena beberapa faktor pendukung yang bisa menggerakkan perekonomian suatu Negara, faktor-faktor tersebutlah yang nantinya akan menjadi pedoman pemerintah untuk memperbaiki beberapa kesalahan agar perekonomian negara menjadi stabil dan berjalan baik. Faktor yang mempengaruhi pembangungan ekonomi adalah :

  1. Sumber Daya Alam (SDA)

Pembangunan ekonomi bisa berjalan dengan yang semestinya, apabila SDA di suatu Negara ada dan tercukupi. Indonesia kaya akan sumber daya alam, akan tetapi pemerintahan Negara kurang memanfaatkannya dengan baik. Oleh sebab itu, banyak perusahaan asing yang menanamkan bisnisnya di Tanah Air dengan memanfaatkan SDA nya. Harusnya kita bisa cepat sadar akan hal ini.

  1. Sumber Daya Manusia

Jika sudah ada sumber daya alam, tentu harus ada manusia yang bisa mengelolanya. SDM yang dibutuhkan agar teori pembangunan ekonomi bisa berjalan lancar yaitu manusia-manusia cerdas yang penuh akan ide cemerlang untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan menguntungkan Negara.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Badan Ekonomi Kreatif

  1. Ilmu Pengetahuan

Seperti yang dijelaskan di atas, kita membutuhkan manusia yang cerdas. Sebelum menginginkan akan hal itu, kita juga harus membenahi tingkat pendidikan Negara. Sejauh ini, Indonesia tingkat pendidikannya masih cukup kurang. Ini adalah sebuah pekerjaan yang harus segera diperbaiki oleh pemerintah. Jika tidak segera ditangani, bagaimana bisa kita mendapatkan manusia cerdas jika tidak ada ilmu pengetahuan yang mumpuni.

Loading...

Tinggalkan Balasan