Teori Ekonomi Mikro, Salah Satu Tonggak Kemajuan Perekonomian di Indonesia

Posted on

Berkaitan dengan pengantar ilmu ekonomi mikro, kita tentunya harus juga memahami teori ekonomi mikro dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Teori ekonomi mikro adalah suatu cabang ilmu ekonomi yang lebih mengacu pada aktivitas-aktivitas perekonomian dalam skala yang kecil dari seluruh kegiatan ekonomi.

Teori ekonomi mikro

cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan produsen, serta penentuan harga pasar. Pada dasarnya, konsumen selalu berusaha untuk memusakan seluruh kebutuhan pribadinya, sementara penjual selalu berusaha mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

Baca Juga : Pengantar Ekonomi Mikro dan Analisanya

Ekonomi mikro merupakan salah satu bagian dari ekonomi makro secara keseluruhan, keduanya tidak dapat dipisahkan dan saling mempengaruhi. Semua hasil dari perekonomian makro tidak lepas dari ekonomi mikro. Karena itulah dapat dikatakan, bahwa tonggak perekonomian Indonesia bergantung atau tidak terlepas dari kemajuan dan perkembangan dari ekonomi mikro sebagai motor penggerak utama perekonomiannya.

Sebagai salah satu dari cabang ilmu ekonomi yang menekankan pada aktvitas skala kecil yang dapat mempengaruhi skala besar, teori ekonomi mikro dapat ditemukan praktiknya dalam kegiatan perekonomian di pasar. Contoh ekonomi mikro yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah saat berkunjung ke pasar tradisional, cermatilah tingkah laku konsumen dan penjual dalam kegiatan transaksi. Mereka akan melakukan tawar menawar harga untuk memperoleh ijab qobul yang sah atas harga, barang, atau layanan yang konsumen perlukan.

Unit-unit yang dikaji dalam Teori Ekonomi Mikro

Terdapat beberapa aktivitas unit yang dikaji dalam teori ekonomi mikro, yaitu sebagai berikut:

  1. Mempelajari perilaku individu sebagai konsumen atau pembeli, individu sebagai pemilik sumber ekonomi, dan individu sebagai produsen
  2. Mempelajari arus perputaran barang atau jasa yang dimulai dari produsen hingga sampailah kepada konsumen sebagai pengguna barang atau jasa
  3. Mempelajari terbentuknya harga barang atau jasa
  4. Mempelajari bagaimana pihak produsen menentukan tingkat produksi, agar mereka dapat mencapai keuntungan yang maksimal
  5. Mempelajari bagaimana cara konsumen mengalokasikan sebagian dari penghasilannya yang terbatas untuk mendapatkan suatu produk barang atau jasa yang tengah dibutuhkannya, sehingga bisa tercapai sebuah kepuasan maksimal yang dirasakan konsumen.

Permasalahan dan Solusi Praktik Teori Ekonomi Mikro di Indonesia

Di Indonesia sendiri masih terdapat sejumlah permasalahan ekonomi yang perlu diselesaikan. Meski, Indonesia dikenal sebagai sebuah negara dengan bentang kepulauan yang banyak, jumlah wilayah perairan yang luas, dengan sumber daya alam yang luar biasa melimpah, permasalahan ekonomi mikro di Indonesia belum terselesaikan. Di mana, pertumbuhan ekonomi mikro dalam industri kecil menengah masih mengalami pertumbuhan yang sangat sedikit.

Sementara, sumbangsih ekonomi mikro pada Produk Domestik Bruto (PDB) hanya sekitar 30% pada tahun 2013, sisanya disumbangkan dari ekonomi makro. Hal ini tidak dapat dilihat secara subjektif atau menyalahkan para pelaku usaha ekonomi mikro. Sulitnya mendapatkan modal, pengaturan izin, hingga sulitnya sarana dan prasarana yang menjadi penopang berjalannya ekonomi mikro maish menjadi kendala besar dalam hal ini. Selain itu, terselipnya penyakit pada perekonomian global juga tut berengaruh, pasar global yang kerap menyerap perekonomian mikro belum sepenuhnya bisa memuncak.

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional, Kelebihan, dan Kekurangannya

Harapannya, perizinan atas pendirian usaha kecil menengah lebih dipermudah agar menjadi rangsangan bagi pelaku IKM lainnya untuk bangkit dna bergerak memajukan perekonomian Indonesia. Selain itu, pemberian bimbingan usaha atau modal juga patut diperhatikan, karena seringkali terhambar oleh sulitnya menambag modal hingga proses produksi menjadi terhambat dan sulit berkembang. Perbaikan insfrastruktur yang kerap menghambat proses pengiriman, baiknya juga disegerakan.

Leave a Reply