Sistem Ekonomi Pasar Salah Satu Sistem Dalam Lingkup Ekonomi

Diposting pada

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia ekonomi pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan system ekonomi. Tetapi, bagi Anda yang awam dengan masalah ekonomi akan sangat jarang mendengar kata sistem ekonomi. Sistem ekonomi sendiri merupakan suatu paduan dari beberapa cara atau beberapa aturan yang menjadi suatu kesatuan yang digunakan dalam pencapaian tujuan perekonomian yang mencangkup semua hal baik itu seluruh proses masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan sampai dengan untuk mencapai suatu kemakmuran. Dalam sistem ekonomi sendiri terdapat beberapa macam yaitu sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi campuran.

Ciri Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ekonomi pasar atau liberal ini merupakan sistem ekonomi yang dimana seluruh kegiatan ekonominya mulai dari produksi, distribusi, sampai ke konsumsi akan diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Adapun beberapa ciri dari mekanisme ini yaitu:

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis dan Negara yang Menganutnya

  1. Pemerintah tidak ikut campur langsung
  2. Persaingan dilakukan secara bebas
  3. Setiap orang bebas memilih dan memegang control atas alat dan sumber produksi ekonomi
  4. Setiap orang juga memiliki kesempatan yang sama
  5. Peranan ekonomi besar modal memberikan pengaruh besar dalam kegiatan ekonomi
  6. Kegiatan ekonomi yang dilakukan bertujuan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya

Ciri Sistem Ekonomi Tradisional

Sedangkan untuk sistem ekonomi tradisional adalah sistem ekonomi yang diterapkan masyarakat tradisional secara turun temurun dengan mengandalkan alam dan tenaga kerja. Berbeda dari sistem ekonomi pasar, ciri sistem ekonomi ini adalah:

  1. Teknik produksi turun temurun bersifat sederhana,
  2. Masih terikat produksi,
  3. Belum mengenal pembagian kerja,
  4. Hanya menggunakan sedikit modal,
  5. Pertukaran dengan sistem barter.

Ciri Sistem Pasar Komando

Untuk sistem ekonomi komando ini merupakan suatu sistem ekonomi yang peran pemerintah sangat dominan dan sangat berpengaruh dalam pengendalian ekonomi. Ciri dari sistem ekonomi ini adalah:

  1. Hak milik perorangan tidak diakui,
  2. Semua alat dan sumber daya dikuasai pemerintah,
  3. Kebijakan diatur sepenuhnya oleh pemerintah,
  4. Tidak adanya individu atau kelompok yang berusaha bebas.

Ciri Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem ekonomi campuran dari pasar dan sistem ekonomi terpusat, dimana pemerintah dan swasta akan saling berinteraksi dalam memecahkan sebuah masalah ekonomi. Adapun ciri-ciri dari sistem ekonomi ini adalah sebagai berikut:

  1. Campuran dari dua sistem ekonomi pasar dan terpusat
  2. Pemerintah dalam melakukan campur tangan dengan memberlakukan beberapa kebijakan yang dipergunakan untuk mengawasi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pihak swasta
  3. Barang modal dan sumber daya vital dikuasai oleh pemerintah
  4. Peran pemerintah dan di sector swasta imbang. Dimana penerapan kebijakan ekonomi campuran cenderung berfungsi untuk mengeliminasi kelemahan dari ekonomi pasar dan komando. Tujuannya pun jelas, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Jurnal Ekonomi Pembangunan Indonesia dan Internasional Secara Gratis

Nah itulah beberapa perbedaan yang dapat menggambarkan beberapa dari sistem ekonomi dari ciri-ciri sistem ekonomi tersebut. Adapun sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari sistem ekonomi tersebut. Misalnya saja untuk sistem ekonomi liberal yang dapat menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakatnya dalam mengatur kegiatan ekonomi dan barang yang dihasilkan akan bermutu tinggi, namun kekurangannya akan sulit melakukan pemerataan pendapatan dan seringnya terjadi gejolak perekonomian. Untuk kelebihan sistem tradisional adalah tidak adanya persaingan yang tidak sehat dan tidak indivisualis, masyarakatnya juga akan merasa sangat aman. Namun kekurangannya teknologi yang digunakan masih sangat sederhana sehingga rendahnya produktivitas dan mutu barang yang dihasilkan rendah. Kelebihan sistem keonomi komando adalah pemerintah akan mudah untuk mengendalikan inflansi dan pengangguran serta masalah ekonomi lainnya dan jarang terjadi krisis ekonomi, namun kekurangannya mematikan inisiatif individu dan sering terjadi monopoli. Sedangkan untuk kelebihan sistem campuran akan adanya kebebasan individu dan hak individu, lebih mementingkan umum daripada pribadi. Kekurangannya adalah beban pemerintah lebih berat dari swasta.

Loading...

Tinggalkan Balasan