Sekilas Tentang Pengantar Ekonomi Makro

Posted on

Ilmu ekonomi merupakan sebuah cabang ilmu umum di dalamnya masih terdapat banyak sub-sub bahasan lainnya yang penting untuk dipelajari bagi mereka yang berkecimpung di bidang ini. Mempelajari ilmu ekonomi bukanlah hal yang gampang karena diperlukan pemahaman yang baik terhadap bebagai aspek ekonomi salah satunya pengantar ekonomi makro.

Pengertian ekonomi makro ini adalah cabang ilmu ekonomi yang memiliki pokok bahasan terkait penyelenggaraan kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Ilmu ini sangat bermanfaat untuk mempelajari berbagai peristiwa ekonomi yang terjadi dalam skala besar serta dapat digunakan pula dalam menyusun atau memperbaiki kebijakan-kebijakan terkait sektor ekonomi. Di dalam lingkup pengantar ekonomi makro ada beberapa permasalahan yang menjadi bahasan utama diantaranya :

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis dan Negara yang Menganutnya

  1. Pengangguran

Pengertian dari pengangguran adalah sekelompok orang yang termasuk dalam angkatan kerja yang dan memiliki keinginan untuk bekerja namun belum memperoleh kesempatan. Orang yang termasuk dalam angkatan kerja ini merupakan semua orang yang masih dalam usia produktif dan mampu untuk bekerja. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi adanya pengangguran ini, beberapa diantaranya dalah kurangnya lapangan kerja yang tersedia, kualitas pekerja yang rendah serta semakin meningkatnya penggunaan teknologi.  Masalah pengangguran perlu ditangani dengan serius karena jika angkanya semakin meningkat berarti kesejahteraan masyarakat akan terus menurun.

Diperlukan adanya peningkatan kualitas tenaga kerja agar dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia. Percuma jika ada banyak tenaga kerja yang tersedia namun tidak dapat terserap karena kompetensinya yang belum sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain pelatihan yang diberikan pada angkatan kerja, diperlukan juga perubahan mental agar para angkatan kerja dapat berusaha membuka usaha sendiri agar tidak terus bergantung pada orang lain dan bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi sesama.

  1. Tingkat Inflasi

Inflasi adalah suatu kondisi ketika harga-harga berbagai kebutuhan mengalami kenaikan disebabkan adanya ketidakseimbangan antara jumlah barang yang ada di pasaran dengan kemampuan atau daya beli masyarakat. Inflasi dapa terjadi ketika ada banyak permintaan dari konsumen akan suatu barang namun ketersediaannya di pasar cukup terbatas. Tidak seimbangnya jumlah permintaan dengan jumlah barang pemuas ini membuat harga menjadi lebih tinggi dari harga normal. Kondisi inflasi ini harus diikuti dengan meningkatnya nilai pendapatan masyarakat agar masyarakat tetap dapat menjangkau aneka barang pemuas kebutuhan yang diperlukan. Jika inflasi tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan maka akan terjadi peningkatan angka kemiskinan penduduk.

  1. Pertumbuhan jumlah penduduk

Ilmu ekonomi makro mempelajari pertumbuhan laju pertumbuhan penduduk sebagai bagian penting dari perkembangan ekonomi secara keseluruhan. Semakin tingginya jumlah penduduk di suatu negara sebaiknya diikuti dengan perkembangan ekonomi yang juga lebih baik. Apabila jumlah penduduk terus meningkat setiap tahunnya tanpa diserta peningkatan dari segi pertumbuhan ekonomi maka bukan tidak mungkin akan terjadi peningkatan angka kemiskinan.

  1. Tingkat pendapatan nasional

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional, Kelebihan, dan Kekurangannya

Ekonomi makro juga menitikberatkan bahasan mengenai tingkat pendapatan nasional. Angka pendapatan nasional ini menjadi salah satu penanda tercapainya suatu pertumbuhan ekonomi. Perkembangan ekonomi suatu negara dapat dinilai dari nilai pendapatan nasional maupun pendapatan per kapita yang menggambarkan kondisi kesejahteraan masyarakatnya.

Selain 4 hal tersebut masih banyak hal lain yang dibahas dalam kajian pengantar ekonomi makro. Konsep ekonomi makro ini sangat diperlukan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan ekonomi yang terjadi pada suatu negara. Ilmu ini digunakan para ahli ekonomi untuk melakukan analisis guna mencari solusi dari permasalahan ekonomi yang ada. Pemecahan masalah ini bisa berupa kebijakan-kebijakan ekonomi yang dibuat dengan tujuan mencapai kesejahteraan masyarakat dan negara.

Leave a Reply