Analisis Teori Ekonomi Makro

Posted on

Dalam ilmu ekonomi terdapat beberapa teori yang menjabarkan beberapa contoh cara kerja sistem ekonomi. Biasanya dalam teori ekonomi ini berisikan sudut pandang para analis tentang hubungan tiap variable asli dan berbagai perkiraan sebuah peristiwa yang memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi variable tersebut sehingga terjadi suatu perubahan. Dalam teori ekonomi ini terdapat beberapa macam yaitu teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro. Untuk ekonomi makro adalah suatu teori yang mempelajari unit ekonomi secara besar atau keseluruhan seperti misalnya pendapatan nasional, inflansi, pengangguran, pertumbuhan ekonomi Negara, dan kebijakan pemerintah.

Beberapa Analisis Teori Ekonomi Makro

Dalam teori makro membuat suatu analisis terhadap kegiatan perekonomian dari sudut pandang yang lebih besar dimana analisis tersebut terhadap seluruh kegiatan perekonomian. Dalam ekonomi makro juga mempelajari masalah seperti peran pemerintah dalam mengaplikasikan kebijakan, menentukan kegiatan ekonomi negara, hinggga bagaimana cara mengatasi inflasi dan menekan angka pengangguran. Berikut ini ada beberapa analisis dalam teori ekonomi makro:

Baca Juga : Pengertian Ilmu Ekonomi dan Sejarahnya

  1. Penentuan kegiatan perekonomian

Sudut pandang ini menjelaskan tentang bagaimana perekonomian bangsa bisa menghasilkan sebuah produk atau jasa. Analisis makro ini lebih menghitung rincian tentang selisih pengeluaran yang meliputi investasi, konsumsi, eksport dan import, serta pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah di bidang lain.

  1. Masalah pengangguran dan inflasi

Prinsip yang sebenarnya adalah masyarakat mengharapkan pengeluaran agragat akan mencapai tingkat yang diperlukan agar dapat mewujudkan kesempatan kerja penuh tanpa adanya inflasi. Tetapi tujuan ini sulit untuk di capai dimana pengeluaran agregat yang sebenarnya relative lebih rendah daripada yang diperlukan. Hal ini yang dapat menjadikan banyaknya pengangguran. Biasanya permintaan melebihi kemampuan ekonomi suatu bangsa dalam memproduksi jenis produk dan jasa yang dibutuhkan oleh pasar.

  1. Kebijakan dari Pemerintah

Secara umum, pemerintah biasanya akan menerapkan kebijakan fiscal dan kebijakan moneter. Kebijakan fiscal merupakan upaya pemerintah dalam mengubah struktur dan jumlah pajak erta pengeluarannya untuk mempengaruhi tingkat kegiatan perekonomian. Sedangkan kebijakan moneter merupakan sebuah langkah yang diambil pemerintah untuk memengaruhi jumlah uang dalam perekonomian untuk mengatasi masalah perekonomian.

Itulah beberapa analisis dalam teori ekonomi makro yang harus diketahui. Selain itu contoh ekonomi makro seperti berikut. Dimana ekonomi makro ini melihat sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi. Kemudian meliat sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas dalam bidang moneter, karena jika nilai uang menurun dakam jangka waktu panjang berarti terjadi inflasi. Atau sampai mana ekonomi mengalami suatu pertumbuhan yang dibarengi dengan pendapatan yang merata.

Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Badan Ekonomi Kreatif

Hal ini tentu saja berbeda dengan ekonomi mikro. Perbedaan ekonomi makro dan mikro jelas terlihat pada contoh ekonominya sendiri, pada analisis seperti ekonomi mikro membahas ekonomi secara individu dan ekonomi makro membahas secara secara keseluruhan, kemudian pada analisis ekonomi mikro biasanya hanya fokus pada analisa tentang bagaimana cara untuk mengelola sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan kombinasi yang pas. Sedangkan ekonomi makro cenderung untuk fokus pada analisa tentang bagaimana pengaruh suatu kebijakan ekonomi terhadap keadaan ekonomi suatu bangsa secara menyeluruh. Pada harganya seperti ekonomi mikro mempunyai harga dari nilai suatu komoditas barang tertentu saja, sedangkan ekonomi makro harga merupakan nilai dari komoditas secara keseluruhan, dan tentunya pada pola ekonomi makro dan mikro. Ilmu ekonomi mikro ini merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari variable ekonomi dalam lingkup kecil seperti rumah tangga atau perusahaan. Ekonomi mikro juga mempelajari dtentang bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat mencapai tingkat kepuasan.

Leave a Reply