Pertimbangan Sebelum Memilih Judul Skripsi Pendidikan Ekonomi

Posted on

Sebagai tugas akhir dan syarat kelulusan utama, skripsi seringkali menjadi momok bagi mahasiswa. Pemilihan topik dan judul skripsi dapat menentukan masa depan kelulusan mahasiswa. Oleh karena itu pemilihan judul ini dilakukan dengan hati-hati dan mempertimbangkan segala aspek terkait pelaksanaan penelitian.

Baca Juga : Indikator dan Cara Menghitung pertumbuhan ekonomi

Salah satu topik yang menarik adalah judul skripsi pendidikan ekonomi. Topik ini memiliki poin pembahasan mengenai hal-hal terkait perekonomian. Topik skripsi ini masih sangat luas dan dapat dipersempit untuk memperoleh spesifikasi topik yang lebih mendalam. Skripsi bertema ekonomi sangat menarik untuk dibahas karna topik ini adalah topik terkini yang dapat terasa langsung oleh masyarakat.

Proses penelitian tugas akhir ini bisa dilakukan dengan berbagai metode pengumpulan data. Data-data inilah yang nantinya disusun, disajikan dan dibahas lebih mendalam di dalam sebuah skripsi. Penyusunan skripsi dilakukan dengan memperhatikan pedoman-pedoman khusus. Pedoman ini berupa aturan penulisan serta kaidah-kaidah keilmuan khusus yang harus diikuti.

Langkah penyusunan skripsi paling awal adalah penentuan judul skripsi. Judul ini dibuat serinci mungkin dan se jelas mungkin. Penentuan judul skripsi ini tidak boleh dilakukan dengan tanpa pertimbangan karena judul ini akan berkaitan dengan keseluruhan proses penelitian hingga penyusunan skripsi yang akan Anda lakukan nantinya. Berikut beberapa pertimbangan dalam pemilihan judul skripsi ekonomi :

  1. Tentukan terlebih dahulu tema penelitian

Langkah paling awal adalah menentukan tema besar dari penelitian yang akan Anda lakukan. Seperti contohnya tema besar dari judul skripsi pendidikan ekonomi bisa berupa permasalahan ekonomi makro ataupun permasalahan ekonomi mikro. Penentuan tema ini bisa membantu Anda untuk berpikir lebih mendalam untuk memperoleh topik bahasan yang lebih spesifik. Akan jauh lebih baik apabila tema skripsi yang Anda pilih adalah tema yang memang menarik bagi Anda sehingga memberikan semangat tersendiri dalam pengerjaannya.

  1. Baca referensi berupa skripsi terdahulu ataupun jurnal keilmuan

Masalah utama penentuan judul skripsi biasanya adalah pencarian inspirasi. Setelah mendapatkan sebuah tema besar Anda bisa mulai banyak membaca referensi-referensi ilmiah untuk memunculkan pemikiran Anda sendiri mengenai judul skripsi yang sekiranya cocok bagi Anda. Referensi ini bisa berupa skripsi/thesis/disertasi mahasiswa ataupun jurnal ilmiah. Pastikan referensi yang Anda baca adalah referensi ilmiah dengan data-data yang terpercaya. Langkah ini biasanya cukup efektif untuk memunculkan ide-ide kreatif mengenai judul skripsi pendidikan ekonomi.

  1. Buat rencana judul penelitian

Setelah membaca beberapa referensi Anda bisa mulai menuliskan beberapa pilihan rencana judul yang akan Anda pilih. Rencana judul ini nantinya dapat Anda seleksi kembali dengan mempertimbangkan berbagai faktor lainnya. Pastikan judul skripsi ditulis dengan kaidah Bahasa Indonesia yang benar dengan cara penulisan yang tepat sesuai kaidah keilmuan.

Bava Juga : Topik Pokok Makalah Masyarakat Ekonomi ASEAN yang Hangat Diperbincangkan

  1. Cari dosen pembimbing dengan spesialisasi keilmuan sesuai dengan topik Anda

Pengerjaan skripsi tentu mutlak membutuhkan pembimbing yang bisa berupa dosen ataupun tokoh lain yang memiliki keahlian di bidang tertentu. Setelah membuat beberapa rencana judul Anda bisa mulai memikirkan kemungkinan pembimbing yang sekiranya dapat membantu Anda. Sebaiknya Anda memilih judul tugas akhir yang sekiranya tidak sulit dalam menemukan pihak pembimbingnya. Anda bisa berkonsultasi langsung pada pihak terkait mengenai alternatif judul-judul yang Anda miliki.

Setelah judul skripsi ekonomi yang Anda ajukan diterima, Anda bisa mulai proses penelitian Anda guna mengumpulkan semua data yang diperlukan. Hasil penelitian bidang ekonomi bisa sangat bermanfaat untuk berbagai pihak terkait. Sebaiknya angkatlah topik ekonomi terkini yang berpengaruh terhadap orang banyak. Diharapkan hasil penelitian yang Anda lakukan dapat turut memperluas wawasan pembaca mengenai ilmu-ilmu ekonomi yang Anda pelajari.

Leave a Reply