Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Perbedaannya dengan Pertumbuhan Ekonomi

Diposting pada

Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara sudah pasti menjadi salah satu hal yang penting untuk membangun suatu negara. Negara akan terus bisa bergerak maju apabila terjadi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Pengertian pembangunan ekonomi sendiri berarti suatu proses kenaikan pendapatan total atau pendapatan perkapita penduduk suatu bangsa dalam jangka waktu panjang yang disertai dengan perubahan ciri dalam masyarakat, baik dalam struktur ekonomi, teknologi, maupun pola pikir masyarakat.

Pengertian pembangunan ekonomi menurut para ahli pun bermacam-macam. Menurut Adam Smith, sang pelopor ilmu ekonomi modern, pengertian pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses antara pertumbuhan penduduk dengan kemajuan teknologi. Sedangkan, menurut Prof. Meier adalah suatu proses kenaikan pendapatan perkapita riil dalam jangka panjang.

Faktor dan Tujuan Pembangunan Ekonomi

Baca Juga : Pengertian Ilmu Ekonomi dan Sejarahnya

Dari pengertian pembangunan ekonomi yang telah dibeberkan sebelumnya, ada beberapa tujuan dari pembangunan ekonomi. Beberapa tujuan pembangunan ekonomi tersebut, di antaranya memperluas distribusi untuk berbagai macam kebutuhan pokok, memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok, meningkatkan pendapatan masyarakat, hingga meningkatkan pemahaman dan tingkah laku masayarakat dalam menjujung tinggi nilai luhur, seperti agama, adat, budaya, dan sebagainya.

Selain itu, penting bagi kita ketahui bersama, bahwa pembangunan tidak serta merta begitu saja terjadi. Terdapat beberapa faktor pembangunan ekonomi yang dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan non ekonomi. Faktor ekonomi, yaitu meliputi Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan kewirausahaan. Sedangkan, faktor non ekonomi meliputi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), kondisi sosial budaya, kondisi politik, sistem pemerintahan, serta sarana prasarana.

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Setelah mengenal istilah pembangunan ekonomi berikut pengertian pembangunan ekonomi, kita juga harus mengenal istilah pertumbuhan ekonomi. Sebab, terjadinya pembangunan ekonomi tak lepas dari istilah pertumbuhan ekonomi. Di mana dengan adanya pembangunan ekonomi, maka terciptalah pertumbuhan ekonomi. Begitu juga sebaliknya, adanya pertumbuhan ekonomi tentu saja akan melancarkan proses pembangunan ekonomi. Lantas, apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi?

Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian dalam bentuk pendapatan nasional. Suatu negara, baru akan dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi saat terjadi GNP riil. Karena itulah, diketahui bahwa jika terjadi pertumbuhan ekonomi sudah tentu merupakan indikasi dari keberhasilan pembangunan ekonomi.

Terlihat jelas bahwa terdapat perbedaan antara pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.Secara garis besar, perbedaan tersebut dapat dilihat dari sifat keberhasilannya. Keberhasilan pertumbuhan ekonomi lebih bersifat kuantatif, yaitu kenaikan standard pendapatan dan output produksi. Sedangkan, pembangunan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kualitatif, yaitu dilihat dari perubahan dalam struktur produksi dan input pada berbagai sektor perekonomian, seperti lembaga, teknik, iptek, dan sosial.

Namun, itu hanyalah gambaran besar menganai perbedaan antara pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Berikut ini beberapa poin penjabaran dari perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi:

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Badan Ekonomi Kreatif

  • Pembangunan ekonomi

  1. Merupakan proses yang kontinuiti atau terus-menerus menuju perbaikan, termasuk meningkatkan produk per kapita
  2. Memperhatikan pemerataan pendapatan, termasuk pembangunan
  3. Meningkatkan taraf hidup masyarakat
  4. Memperhatikan peningkatan jumlah penduduk
  5. Pembangunan ekonomi sudah tentu dibarengi dengan adanya pertumbuhan ekonomi
  • Pertumbuhan ekonomi

  1. Merupakan proses kenaikan produk per kapita dalam jangka waktu yang panjang
  2. Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan
  3. Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat
  4. Tidak memperhatikan peningkatan jumlah penduduk
  5. Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan adanya pembangunan ekonomi
Loading...

Tinggalkan Balasan