Pengertian Masalah Ekonomi Klasik Di Indonesia

Diposting pada

Hingga saat ini, Indonesia masih memiliki banyak sekali masalah perekonomian. Seolah mnejadi hutang bagi setiap pemimpin, banyak pula upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, baik dari dalalm maupun luar negeri. Pada dasarnya, permasalah ekonomi di Indonesia terdapat 2 jenis, yakni masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi mdern. Namun kali ini akan dibahas apa saja sih masalah-masalah ekonomi klasik yang menjadi masalah ekonomi lokal.

Apa Itu Masalah Ekonomi Klasik?

Masalah ekonomi klasik pertama kali diungkapkan oleh Adam Smith, tahun 1870 yang mengatakak bahwa permaslaahan ekonomi klasik adalah permasalan-permasalahan dalam hal ekonomi yang mencakup 3 aspek dasar seperti produksi, distribusi, dan konsumsi.

Bahkank untuk saat ini permasalahn-permasalahn ekonomi tersebut masih menjadi beban bagi negara. Lalu sebenarnya bagaimana penjelalsan lengkap permasalahan ekonomi lokal yang termasuk dalam ekonomi klasik?

Baca Juga : 4 Unsur yang Harus Ditetapkan dalam Perencanaan Pembangunan Ekonomi

Contoh Permasalahan Ekonomi Lengkap

  1. Produksi

Produksi merupakan kegiatan menghasilkan suatu barang dan jasa. Suatu kegiatan produksi membutuhkan beberapa hal seprti bahan baku, modal, tenaga kerja, dan alat. Keempat komponen tersebut sangatlah penting untuk melangsungkan proses produksi suatu barang dan jasa. Namun bagaimana jadinya jika keempat komponen tersebut menjadi masalah? Tentunya akan dapat mneghambat kegiatan produksi yang dapat menyebabkan masalah ekonomi lokal. Cara menggunakan dan mendapatkan  bahan baku yang tidak tepat dapat menyebabkan permasalahan baru, contohnya masalah lingkungan. Jika suatu perusahaan mengambil bahan nbaku alam atau buatan dengan cara yang tidak sesuai prosedur, maka dapat merusak keseimbangan ekosistem.

Di Indonesia banyak sekali terjadi kaskus-kasus seperti ini. kemudian masalah tenaga kerja. Permasalahan tenaga kerja yang paling banyak ditemui di negara ini adalah keterbatasannya sumber daya manusia. Dengan terbatasnya SDM, proses produksi suatu barang juga tidak akan maksimal. Oleh karenanya dibutuhkan banyak pelatiihan dan ekstra kerja keras dari pada tenaga pendidik dan masyarakat untuk terus memajukan sumber daya manusia para penduduk Indonesia, terlebih lagi para penduduk usia produktif. Modal juga kerap menjadi permasalahan utama dalam masalah produksi. Keterbatasannya modal yang dimiliki suatu negara dan perusahaan tentu akan menghambat kegiatan produksi berjala maksimal. Dan yang terakhir adalah alat. Sama dengan modal, alat yang dimiliki oleh suatu negara atau perusahaan akan sangat berpengaruh terhadap kegiatanj produksi suatu barang atau jasa. Dengan modal yang cukup, maka ketersediaan alat yang semakin modern akan tercukupi dan mempermudah menciptakan suatu produk atau jasa yang memiliki nilai jual tinggi.

  1. Distribusi

Distribusi merupakan proses menyalurkan barang dari produsen ke pihak konsumen. Suatu kegiatan distribusi dapat berjalan dengan baik apabila ada kerjasama yang baik antara produsen dengan konsumen. Selain itu, alat yang cukup modern dan memadai njuga akan mempermudah proses distribusi suatu barang atau jasa. Seprti yang kita ketahui, salah satu masalah ekonomi lokal di Indonesia adalah belum memadainya alat canggih yang dapat lebih memudahkan penyampaian suatu barang atau jasa dari produsen ke konsumen dengan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi Adalah Hal yang Harus Diperhatikan

  1. Konsumsi

Masalah ekonomi klasik yang selanjutnya adalah konsumsi. Kegiatan konsumsi adalah kegiatan memakai barang atau jasa. Kegitan konsumsi dapat menjadi masalah ekonomi apabila kegiatan konsumsin tidakn diimbangi dengan kegiatan produksi. Akibatnya, permintaan pasar sangat tinggi namun produksi barang tidak mencukupi. Salah satu masalah ekonomi lokal yang ada di Indonesia yang menjadikan kegiatan konsumsi sebagai masalah ekonomi klasik yakni ada hubungannya dengan gaya hidup masyarakat modern. Gaya hidup konsumtif akan memberi dampak buruk terhadap suatu kegiatan ekonomi.

Itulah beberapa masalah ekonomi lokal yang digolongkan sebagai masalah ekonomi klasik. Dengan kerjasama yang kuat antar penrintah dan masyarakat, diharapkan permaslahan-permaslaahan tersebut dapat dengan mudah diatasi.

Loading...

Tinggalkan Balasan