Pengertian Masalah Ekonomi di Kehidupan

Diposting pada

Ekonomi memang sesuatu yang sangat sensitif untuk dibahas. Semua orang pasti jika membahas ekonomi tidak mungkin ada habisnya. Pengertian masalah ekonomi juga dijabarkan ke banyak versi menurut orang-orang yang selalu terjerat akan masalah ekonomi. Tapi jika dalam ilmu ekonomi, pengertian tersebut akan berbeda dari permasalahan ekonomi yang ada di kehidupan sehari-hari. Yang pastinya, manusia sangat tergantung dengan tingkat kemakmuran dari sebuah ekonomi. Kesejahteraan dan kemakmuran bangsa dapat dicapai melalui masalah ekonomi tersebut dengan bisa melalui masa-masa sulit dalam hal perekonomian. Maka dari itu, jika Anda mengalami kesulitan dalam ekonomi, berusahalah keluar dari permasalahan tersebut.

Pengertian Masalah Ekonomi Dalam Ilmu Ekonomi

Baca Juga : Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini

sebelum menuju ke pengertian masalah ekonomi, ada baiknya kita mengerti lebih dahulu apa itu ilmu ekonomi tersebut. Ilmu ekonomi bisa diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang tingkatan kemakmuran dari hasil produksi dan konsumsi agar tetap seimbang dan masing-masing dari pihak produsen dan konsumen juga merasa puas. Pada intinya ilmu ekonomi itu hanya mempelajari tentang hal-hal yang berbau dengan kondisi keuangan baik yang ada di perusahaan ataupun arus pemasaran. Lalu masalah ekonomi bisa diartikan dengan kurangnya keseimbangan kemakmuran yang terjadi diantara produsen dan konsumen sehingga kedua belah pihak ada yang merasa kurang puas dan rugi.

Banyak orang yang bertanya, apa itu masalah ekonomi? Perlu beberapa cara yang dapat dilakukan agar nantinya bisa keluar dari masalah tersebut. Salah satu cara untuk bisa keluar dari masalah tersebut adalah dengan mencari dasar atau inti permasalahan yang terjadi dengan melakukan rumus 5W+1H yang biasa dikenal pada ilmu-ilmu ekonomi. Pengertian masalah ekonomi yang biasa kita ketahui karena faktor produksi, distribusi dan konsumsi. Jadi itu contoh masalah pokok ekonomi yang sedang dihadapi hingga menimbulkan masalah ekonomi, kita akan bisa menyelesaikannya dan bisa keluar dari zona masalah tersebut.

Contoh Masalah Ekonomi di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu pengertian masalah ekonomi, pasti ingin tahu cara menyelesaikannya. Agar bisa menyelesaikan masalah ekonomi, Anda perlu tahu contoh permasalahan ekonomi tersebut :

  1. Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia bisa jadi akar permasalahan ekonomi. Tahun sendiri, kebutuhan manusia itu tidak ada habisnya. Maka dari itu, jika kebutuhan manusia semakin meningkat dan ada masalah dalam produksi, bisa jadi nanti permasalahan ekonomi itu muncul seiring dengan ketidaksabaran manusia untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Alam

Suatu produksi, biasanya bahan bakunya mengambil dari alam, namun jika dari alam sendiri kekurangan bagaimana untuk bisa memproduksi barang baru? Jika sudah seperti itu, masalah ekonomi akan segera muncul jika tidak ditanggulangi bersama.

  1. Masalah Pokok Ekonomi

Masalah pokok ekonomi adalah masalah produsen, distribusi, dan juga konsumen. Jika ketiga hal tersebut tidak diimbangi, nantinya akan timbul permasalahan ekonomi yang bisa jadi nantinya akan membesar. Sebagai pelaku ekonomi, paling tidak harus selalu mengimbangi ketiga hal tersebut.

  1. Hilangnya Kesempatan Kerja

Baca Juga : Faktor Ekonomi Dalam Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Untuk zaman sekarang, mencari pekerjaan memang sangat sulit. Sumber daya manusia kini hanya membutuhkan sedikit di masing-masing perusahaan, sehingga membuat orang-orang banyak yang jadi pengangguran. Karena mereka menganggur, maka timbullah masalah ekonomi tersebut. Pemerintah harus sangat memperhatikan akan hal ini agar permasalahan ekonomi segera bisa dituntaskan.

Jika pemerintah kita mau mengatasi masalah di bidang ekonomi secara serius, niscaya Indonesia akan berubah menjadi negara yang maju di masa depan.

Loading...

Tinggalkan Balasan