Pengertian Kebutuhan Manusia Secara Umum

Diposting pada

Manusia itu adalah makhluk individu yang tidak bisa hanya memiliki satu kebutuhan saja. Meski orang itu merasa tidak butuh apapun di dunia ini, tapi nyatanya mereka tidak mungkin lepas dengan hal-hal yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan manusia yang harus dipenuhi terlebih dahulu merupakan kebutuhan yang mempunyai nilai sangat penting dan harus segera dipenuhi. Pengertian kebutuhan manusia dijabarkan dengan berbagai macam-macam pengetian. Setiap orang yang menjabarkan pengertian tersebut pastinya berbeda dari satu ke yang lainnya. Apalagi setiap individu kebutuhannya tidak sama, tentu penjabaran pengertiannya nantinya akan berbeda pula.

Pengertian Kebutuhan Manusia yang Paling Utama

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi Adalah Hal yang Harus Diperhatikan

Secara umum atau yang utama, pengertian kebutuhan manusia itu adalah segala sesuatu yang harus atau wajib dipenuhi oleh manusia itu sendiri agar bisa bertahan hidup dan juga untuk memenuhi kebutuhan alaminya sebagai makhluk hidup. Semua makhluk yang bernyawa, tidak hewan, tidak manusia pasti sangat membutuhkan oksigen untuk bernapas. Itu adalah suatu kebutuhan yang sangat mendasar yang harus dan wajib untuk dipenuhi. Mengapa kebutuhan itu selalu muncul pada diri manusia? Karena manusia tidak pernah puas dan agar bisa bertahan hidup di dunia ini. Bisa dibayangkan jika hidup tanpa memenuhi kebutuhan dasar tersebut, pastinya dalam menjalani hidupnya tidak akan seimbang.

Namun, jika orang tersebut memiliki gaya hidup yang mewah, Pengertian kebutuhan manusia bisa saja berubah definisinya sesuai dengan apa yan mereka pikirkan. Kebutuhan akan barang barang mewah dinamakan kebutuhan sekunder, kebutuhan sekunder adalah segala sesuatu yang memiliki nilai berharga untuk bisa membuat seseorang bahagia dan merasa sangat puas. Ya, memang definisi kebutuhan manusia bisa berubah-ubah jika yang berpendapat adalah masing-masing individu itu sendiri. Tapi yang harus diketahui bahwa, pengertian dari kebutuhan itu sendiri harus diartikan secara umum. Dalam artian, bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat dari kelas sosial manapun.

Mengapa Kebutuhan Itu Selalu Muncul?

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Indonesia

Ada pertanyaan, mengapa kebutuhan itu semua bisa muncul di tengah-tengah kehidupan kita? Kebutuhan itu muncul karena beberapa faktor yang ada di kehidupan manusia dan harus segera terpenuhi. Bahkan jika hal itu tidak terpenuhi, nantinya akan menambah masalah. Dari sekian banyak faktor, ada 3 faktor utama munculnya kebutuhan, yaitu :

  1. Kebutuhan itu muncul dikarenakan daerah tempat tinggal. Kita harus bisa menyesuaikan bagaimana kondisi tempat yang kita tinggali tersebut. Dan juga keadaan alam juga harus diperhatikan agar kehidupan Anda di sana bisa berjalan dengan baik, kalau misalnya tempat yang kita tinggali bersuhu dingin, Anda harus banyak mengoleksi baju hangat. Jika dikaitkan dengan pengertian kebutuhan manusia ini, kebutuhan adalah cara bertahan hidup di tempat tinggal kita.
  2. Kebutuhan juga terjadi karena faktor adat istiadat. Kita perlu mengetahui adat yang ada di daerah tempat kita tinggali agar bisa berbaur dengan masyarakat di sana. Kebutuhan yang akan muncul nantinya misalnya pesta adat perkawinan ataupun hal yang berbau adat lainnya. Faktor kebutuhan yang lain adalah perubahan zaman. Nah, faktor ini adalah faktor yang paling mempengaruhi dari tahun ke tahun. Zaman dulu ponsel tidak ada dan tidak menjadi bahan kebutuhan. Untuk zaman semodern sekarang, ponsel adalah barang yang sangat dibutuhkan manusia. Bahkan mungkin ponsel sudah menjadi bagian kebutuhan primer manusia zaman modern. Karena kebutuhan utama disebut juga dengan kebutuhan primer.

Itulah dua alasan pokok mengapa manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam hidupnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan