Pengertian dan Contoh Masalah Ekonomi Indonesia

Diposting pada

Apa saja masalah ekonomi indonesia? Salah satu tolok ukur kemajuan suatu negara adalah dilihat dari kemajuan ekonomi dan pembangunannya. Dengan keadaan ekonomi yang baik, mayoritas kehidupan masyarakatnya juga akan baik, jauh dari kriminalitas. Sebelum mengetahui apa saja masalah ekonomi yang ada di Indonesia, maka perlu kita pahami terlebih dahulu seputar pengertian masalah ekonomi.

Masalah ekonomi adalah adanya suatu ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia (ataupun negara) yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya tidak sebanding dengan kebutuhan, atatu cenderung lebih tidak dapat mencukupi. Maka untuk dapat mencukupi kebutuhan-kebutuhan tersebut harus ada beberapa upaya yang dilakukan.

Masalah Ekonomi Terkini Di Indonesia

Baca Juga : Pelaku Kegiatan Ekonomi yang Berperan Penting

  1. Pertumbuhan Ekonomi Yang Rendah

Jika sebuah pertumbuhan ekonomi suatu negara dijadikan salah satu indikasi untuk mengukur kemajuan pertumbuhan suatu bangsa, maka tentunya hal itu harus sangatlah diperhatikan oleh masing-masing negara. Salah satu factor pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat tingkat produksi barang dan jasa yang dapat diproduksi oleh negara dalam jangka kuru waktu tertentu. Salah satu kendala negara berkembang seperti Indonesia adalah berada pada modal dan investasi yang relative rendah. hingga saat ini, Indonesia masih mengandalkan modal dan investasi dari negara lain untuk dapat menjalankan kegiatan produksi barang dan jasa. Semakin lambatnya pertumbuhan ekonomi, dapat berdampapk pada kesejahteraan taraf hidup warga negaranya.

  1. kemiskinan

Masalah pertumbuhan ekonomi terkini yang dihadapi oleh Indonesia yakni kemiskinan. Bahkan bukan hanya saat ini, bahkan jauh sebelum negara ini berdiri, banyak rakyat yang menderita akibat kemiskinan. Kemiskinan sendiri merupakan kondisi dimana masyarakat pada daerah tertentu tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya seperti sandang, pangan, dan papan yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Kemiskinan adalah salah satu masalah ekonomi Indonesia yang seolah paling sulit untuk diperangi. Rendahnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi penurunan daya beli bahan pokok secara umum. Hal tersebutlah yang menyebabkan taraf hidup masyarakat menjadi turun.

  1. Pengangguran

Pengangguran diartikan sebagai angkatan orang-orang yang seharusnya bekerja namun tidak bekerja. Pengangguran sejak dulu selalu menjadi masalah ekonomi Indonesia yang kurang disorot. Banyaknya penduduk Indonesia yang tidak sebanding dengan ketersediaan jumlah lapangan kerja menjadikan pengangguran sebagai masalah ekonomi terkini di Indonesia. terlebih lagi Indonesia yang merupakan negara berkembang. Untuk mengatasi pengangguran, pemerintah perlu mengupayakan beberapa kebijajkan di bidang ketenagakerjaan, seperti menaikkan kualitas tenaga kerja, memperbanyak lapangan kerja, terbuka dalam memberikan informasi lapangan pekerjaan, serta memperbanyak pendirian lembaga-lembaga pelatihan dan keterampilan untuk para tenaga kerja. Namun disbanding semua itu, para pemuda juga perlu sadar akan pentingnya kegiatan wirausaha. Selain untuk mendapatka penghasilan dengan cara sendiri, juga dapat turut membantu permaslahan ekonomi seperti pengangguran ini.

Baca Juga : Tujuan Pembangunan Ekonomi di Indonesia

  1. Kesenjangan Penghasilan

Dalam masyarakat terbagi ke dalam 2 kelompok. Yakni kelompok masyarakat berpenghaslan tinggi dan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. kedua kelompok tersebut turut menambah masalah ekonomi Indonesia. Kesenjangan penghasilan juga merupakan salah satu masalah ekonomi terkini di Indonesia.  hal ini banyak ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Cukup terlihat dari pemandangan megah kota Jakarta yang terdiri dari gedung-gedung tinggi berdiri bersebelahan dengan rumah-rumah kumuh warga ibukota.

  1. Inflasi

Inflasi merupakan salah satu masalah ekonomi Indonesia dimana keadaan permintaan barang dan jasa tidak diimbangi dengan kemampuan produksi dan biaya. Akibatnya kemampuan masyarakat dala memenuhi kebutuhannya akan mmenurun dikarenakank kenaikan harga yang terus menerus pada suatu produk. Masalah ekonomi terkini seputar inflasi di Indonesia dibuktikan pada jumlah inflasi mencapai 3,79% hingga 2 tahun lalu. Inflasi juga menjadi penyebab menurunnya nilai rupiah dan menyebabkan kurs dollar yang hampir setiap tahun menmgalami kenaikan.

Loading...

Tinggalkan Balasan