Pengantar Ekonomi Mikro dan Analisanya

Diposting pada

Ilmu ekonomi lahir karena terjadinya suatu kelangkaan, di mana suber daya yang ada tidak dapat mencukupi kebutuhan. Perilaku pelaku ekonomi dalam mencapai upaya mencukupi kelangkaan dan keuntungan yang diinginkan, serta pengaruhnya terhadap satu sama lain inilah yang nantinya dipelajari oleh ilmu ekonomi. Kemudian, pada perkembangan selanjutnya, kita mengenal pembedaan terhadap ekonomi mikro makro.

Perbedaan ini didasari pada penekanan analisisnya. Di mana, dalam pengantar ekonomi mikro, kelompok ekonomi mikro menekankan analisisnya pada perilaku per individu, misalnya tenaga kerja, konsumen, dan perusahaan sebagai produsen. Sedangkan, kelompok ekonomi makro, menekankan pada bagaimana perilaku pada masing-masing agen ekonomi dalam konteks keseluruhan.

Namun, kali ini kami tidak akan membahas terkait ilmu ekonomi secara keseluruhan atau tentang ekonomi makro. Pembahasan kali akan lebih membahas perihal pengantar ekonomi mikro dan beberapa penjelasannya, tetapi hanya singkat saja, bukan materi ekonomi mikro lengkap.

Penjelasan Tentang Pengantar Ekonomi Mikro

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengantar ekonomi mikro lebih kepada mempelajari ilmu ekonomi untuk skala yang lebih kecil dibandingkan ekonomi makro. Namun, hal-hal yang kecil ini, jika diakumulasi sangat mungkin mempengaruhi ekonomi makro secara komprehensif. Jadi, meski secara pengertian skala ekonomi mikro lebih kecil, tetapi sesungguhnya manfaat dan pengaruhnya tidak kalah besar untuk perekonomian. Contoh yang paling jelas menggambarkan ekonomi mikro, yaitu IKM (Industri Kecil Menengah), pasar tradisional, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 3 Contoh Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Ekonomi

Secara teoritis, ekonomi mikro ditemukan dan mulai dikembangkan pada abad ke-18 atau ke-19 oleh para ahli ekonomi klasik, seperti Adam Smith dan David Ricardo. Dalam menyusun teori tersebut, beberapa buku pengantar ekonomi mikro menyebutkan, bahwa para ahli ekonomi menggunakan beberapa anggapan yang mendasar, yaitu:

  1. Setiap subjek ekonomi pada umumnya selalu bertindak ekonomis rasonal
  2. Setiap subjek ekonomi juga memiliki informasi yang lengkap dari beberpaa peristiwa pasar
  3. Tingkat mobilitas tinggi, sehingga para subjek ekonomi dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di pasar.

Dalam hal ini, Adam Smith telah memperkenalkan konsep invisible hand yang menjelaskan, bahwa dalam perekonomian bebas, yang tanpa dicampuri tangan-tangan manusia lainnya, akan mencapai kondisi keseimbangan  melalui mekanisme harga pasar.

Namun demikian, telah disebutkan dalam buku pengantar ekonomi mankiw hingga pengantar ekonomi mikro sadono sukirno, bahwasanya seiring perkembangan zaman, permasalahan pengantar ekonomi mikro akan mulai muncul. Di mana tidak setiap permasalahan baru tersebut diselesaikan dengan mekanisme pasar. Hal ini disebut juga dengan market failure atau kegagalan pasar. Beberapa hal yang merupakan kegagalan pasar misalnya pengadaan barang publik. Produsen atau kontraktor tidak akan membangun ruang publik secara Cuma-Cuma. Dengan demikian, maka pembangunannya diambil alih oleh pemerintah mengunakan dana APBN.

Pengantar Ekonomi Mikro; Analisa Ekonomi Mikro

Analisa ekonomi mikro dibagi dalam tiga bagian, yaitu:

Baca Juga : Cara Mendapatkan Jurnal Ekonomi Pembangunan Indonesia dan Internasional Secara Gratis

  1. Teori Produksi, yang membahas tentang:
  • Masalah pada biaya produksi
  • Tingkat produksi yang meguntungkan produsen
  • Kombinasi dalam faktor produksi agar tujuan mencapai lama maksimum
  1. Teori Harga, membahas perihal:
  • Hubungan antara permintaan dan penawaran
  • Proses terbentuknya harga dipengaruhi oleh interaksi antara permintaan dan penawaran
  • Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
  • Bentuk-bentuk pasar
  • Analisa konsep elastisitas permintaan dan juga penawaran
  1. Teori DIstribusi
  • Faktor yang mempengaruhi tigkat upah tenaga kerja
  • Tingkat laba yang diperoleh para pengusaha
  • Tingkat bunga yang harus dibayarkan untuk modal

 

Loading...

Tinggalkan Balasan