Pelaku Kegiatan Ekonomi yang Berperan Penting

Diposting pada

Perekonomian suatu bangsa, pasti tidak lepas dengan pelaku kegiatan ekonomi yang dengan giat menaruh harapan baik pada kehidupannya dan juga mengharapkan kegiatannya tersebut dapat membuahkan hasil yang cukup bagus untuk perekonomian Negaranya. Para pelaku ekonomi ini, sudah pasti akan sangat berjasa apabila tingkat perekonomian Negaranya bisa baik berkat jasa yang ia kerahkan untuk keiatan ekonomi. Jika tidak ada para pelaku ekonomi, bagaimana bisa kegiatan ekonomi bisa berjalan? Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga hal tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya.Jika salah satunya hilang, maka kegiatan ekonomi tidak dapat berlangsung dengan baik.

Pengertian Pelaku Kegiatan Ekonomi

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis dan Negara yang Menganutnya

Jika masyarakat awam, pasti tidak tahu banyak mengenai pelaku kegiatan ekonomi. Yang mereka tahu jika pelaku ekonomi berkaitan dengan pemerintahan Negara. Padahal para pelaku ekonomi ada di sekitar kita sendiri. Pengertian pelaku kegiatan ekonomi diartikan dengan manusia yang melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan memenuhi kebutuhan para konsumen yang membutuhkannya. Dari produksi hingga ke konsumsi memang saling keterikatan, sehingga jika ada salah satu saja yang tidak berjalan dengan semestinya, pastinya kegiatan ekonomi akan terhambat pula. Misalnya saja bila distribusi barangnya macet karena suatu kendala dalam pengiriman barangnya, tentu konsumen akan merasa kesulitan, dan produsen mengalami kerugian.

4 Pelaku Kegiatan Ekonomi

Peran pelaku ekonomi memang sangat penting, maka dari itu, kita harus mengetahui apa-apa saja yang dilakukan para pelaku kegiatan ekonomi dalam memajukan kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia. Mereka memiliki tugas masing-masing yang saling melengkapi dan juga menggerakkan roda perekonomian. Ada 4 pelaku kegiatan ekonomi dan perannya yang bisa kita ketahui dan dipelajari, yaitu :

  1. Rumah Tangga Produksi

Rumah tangga produksi, bisa juga disebut dengan produsen. Contoh pelaku ekonomi rumah tangga adalah menciptakan atau menghasilkan suatu produk atau barang yang nantinya akan memenuhi kebutuhan para konsumen atau penikmatnya. Sejujurnya, adanya rumah produksi hal ini dikarenakan adanya tuntutan kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, muncullah orang-orang dengan ide yang kreatif untuk bisa menghasilkan suatu barang yang nantinya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Rumah tangga produksi juga tidak hanya menjual barang atau produk, tapi juga bisa jasa. Dan dengan adanya rumah tangga produksi, motor penggerak perekonomian bisa berjalan dengan normal.

  1. Rumah Tangga Konsumen

Pasti kebanyakan sudah tahu tentang definisi konsumen. Konsumen ini berperan sebagai orang yang menikmati hasil produksi baik barang atau jasa dari konsumen yang sebagai penyedia. Mereka melakukan kegiatan konsumsi juga untuk bertahan hidup dalam memenuhi kebutuhannya yang mereka bisa nikmati dari produsen yang menciptakannya. Dalam kegiatan perekonomian, rumah tangga konsumen ini memiliki peran yang sangat penting karena yang pertama, mereka sebagai pemakai barang ataupyn jasa yang dihasilkan oleh produsen, dan yang kedua sebagai faktor munculnya produsen.

  1. Rumah Tangga Pemerintah

Pemerintah mempunyai peran penting dalam kegiatan ekonomi. Pemerintah disini bertugas sebagai pengontrol dan pengawas kegiatan perekonomian agar masyarakat bisa makmur dengan kegiatan perekonomian yang sedang berlangsung.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri dan Kelebihan Sistem Ekonomi Sosialis

  1. Orang Luar Negeri

Orang luar Negeri juga berperan penting dalam hal ini, kadang di suatu Negara tidak bisa menghasilkan barang atau jasa, sedangkan Negara lain bisa menghasilkannya. Maka dari itu, ketergantungan tersebut melahirkan kegiatan perekonomian yang memiliki sisi penting di dalamnya.

 

 

Loading...

Tinggalkan Balasan