Mengenal Apa Itu Badan Ekonomi Kreatif

Diposting pada

Badan Ekonomi Kreatif termasuk dalam badan yang pertama dibentuk Presiden Joko Widodo pada 2015 melalui Peraturan Presiden. Awalnya, urusan ekonomi kreatif sudah termasuk bagian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang sebelumnya telah dibentuk oleh Kabinet Indonesia Bersatu II pada 2011 hingga 2014. Kini, Kepala Bekraf dijabat Triawan Munaf. Sebagai lembaga pemerintah non kementerian, lowongan Badan Ekonomi Kreatif CPNS seringkali dicari oleh para pencari kerja. Tugas Bekraf sendiri adalah membantu Presiden menetapkan, merumuskan, serta mengoordinasikan kebijakan ekonomi kreatif, termasuk di antaranya adalah pada bidang aplikasi game developer, desain interior, desain produk, film, fashion, musik, penerbitan, kuliner, hingga TV dan radio.

Baca Juga : Sistem Ekonomi Indonesia yang Masih Digunakan Hingga Kini

Badan Ekonomi Kreatif

Dalam melaksanakan tugasnya,  turut menyelenggarakan aneka fungsi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perumusan, penetapan serta pelaksanaan kebijakan ekonomi kreatif dalam berbagai bidang yang telah disebutkan di atas.
  2. Perancangan hingga pelaksanaan program ekonomi kreatif terutama dalam aneka bidang di atas.
  3. Pelaksanaan koordinasi serta sinkronisasi perencanaan hingga pelaksanaan kebijakan program ekonomi kreatif.
  4. Pemberian bimbingan yang bersifat teknis serta supervisi atas serangkaian pelaksanaan kebijakan muapun program ekonomi kreatif
  5. Lowongan Badan Ekonomi Kreatif dan tugas-tugasnya meliputi pelaksanaan pembinaan hingga pemberian dukungan pada semua pemangku kepentingan dalam bidang ekonomi kreatif.
  6. Pelaksanaan komunikasi serta koordinasi bersama Lembaga Negara, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Kementerian, hingga Pemerintah Daerah serta pihak-pihak lain yang masih terkait.
  7. Pelaksanaan fungsi lainnya yang ditugaskan secara khusus oleh Presiden serta masih ada kaitannya dengan ekonomi kreatif.

Badan Ekonomi Kreatif

turut memiliki aneka deputi guna membidangi sub sektor ekonomi kreatif. Di antaranya adalah bidang kuliner, seni dan lain-lain. Organisasi Bekraf terdiri dari Kepala, Wakil Kepala, Deputi Riset, Sekretariat Utama, Deputi Akses Permodalan, Deputi Pemasaran, Deputi Infrastruktur, Deputi Hubungan Antar Lembaga hingga Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual. Selain itu, Bekraf yang terbentuk pada 2015 juga telah mendapat anggaran sampai dengan Rp1 triliun guna membiayai aneka program yang diharapkan bisa meningkatkan penghasilan negara.

Dengan fokus bidangnya pada ekonomi kreatif, tak heran apabila Badan Ekonomi Kreatif karir selalu diburu oleh para pencari kerja. Apalagi, DPR telah mengusulkan Rancangan Undang Undang Ekonomi Kreatif guna melindungi pekerja kreatif serta adanya keberpihakan konkret pemerintah guna kemajuan ekonomi kreatif. Hal ini dilakukan baik pada sisi infrastruktur serta pendanaan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Badan Ekonomi Kreatif memiliki peran penting pada perkembangan serta pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia, sehingga walau terbilang baru namun lembaga ini sudah memiliki citra baik di tengah masyarakat.

Baca Juga :  Pertimbangan Sebelum Memilih Judul Skripsi Pendidikan Ekonomi

Gaji Badan Ekonomi Kreatif yang tinggi turut membuat lowongan kerjanya banyak diincar oleh para pencari kerja. Lembaga pemerintah non kementerian ini sudah cukup memiliki nama serta reputasi baik sehingga banyak yang memasukkan lamaran pekerjaan saat Bekraf tengah membuka kesempatan karir. Pada tes CPNS 2017 lalu saja, banyak pelamar yang memilih Bekraf sebagai lembaga yang diminati. Pada bukaan tes CPNS 2018 mendatang, diprediksikan Bekraf akan turut serta pula sebagai salah satu lembaga yang membuka lowongan pekerjaaan. Ada banyak deputi di Bekraf yang masih membutuhkan tenaga-tenaga kerja baru dari berbagai disiplin ilmu. Berkas-berkas dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftar di antaranya adalah ijazah, transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris hingga KTP dan akta kelahiran.

Loading...

Tinggalkan Balasan