Menentukan Pengeluaran Dengan Gambar Kebutuhan Primer

Posted on

Berbicara tentang kebutuhan, manusia tidak dapat lepas dari kebutuhan pokok selama hidupnya. Mulai dari sandang, papan dan pangan, manusia akan melakukan berbagai macam cara untuk bisa memenuhi kebutuhannya akan sandang, pangan dan papan. Namun, di era yang sudah semakin kompleks dengan gaya hidup yang semakin tinggi, agar tidak melupakan kebutuhan yang harusnya menjadi prioritas, maka menggunakan gambar kebutuhan primer dapat menjadi salah satu cara agar kebutuhan pokok tak terlewatkan dan malah terganti dengan kebutuhan lain. Anda dapat mencari banyak informasi mengenai contoh kebutuhan primer yang sesuai dengan prioritas Anda di internet maupun di buku.

Gambar Kebutuhan Primer untuk Menentukan Prioritas

Setiap orang pasti memiliki standar prioritas dalam hidupnya dimana masing-masing orang akan berjuang agar prioritasnya akan sesuatu terpenuhi. Prioritas diperlukan juga dalam pemenuhan kebutuhan masing-masing orang, yang mana setiap orang memiliki prioritas yang sama apabila membicarakan soal kebutuhan, yaitu kebutuhan primer. Sejak bangku sekolah dasar, mempelajari apa yang dinamakan kebutuhan primer pasti semua orang sudah tau, mulai dari sandang, pangan dan papan. Ketiga kebutuhan tersebut tidak dapat dilewatkan karena berkaitan dengan keberlangsungan hidup seseorang. Namun, di zaman yang sudah semakin modern dengan gaya hidup yang semakin tinggi, memenuhi kebutuhan primer tidak lagi sama dengan kebutuhan primer beberapa dekade lalu.

Contohnya, walaupun sandang atau baju adalah kebutuhan primer, namun pakaian saat ini juga berkaitan dengan berbagai aspek, mulai dari gaya, harga, brand atau merk bahkan gengsi. Berbeda dengan beberapa dekade lalu dimana pakaian berfungsi sebagai alat penutup badan yang nilainya didasarkan pada nilai guna bukan harga maupun gengsi. Oleh karena itu, untuk mnentukan prioritas dalam pemenuhan kebutuhan primer, penggunaan gambar kebutuhan primer sangat perlu dilakukan. Anda dapat menentukan prioritas kebutuhan pokok Anda dengan menggunakan beberapa contoh kebutuhan primer seperti berikut ini :

Baca Juga : Teori Pembangunan Ekonomi Terkenal

  • Kebutuhan pangan

Kebutuhan primer akan pangan bermacam-macam, tergantung bagaimana gaya hidup Anda sehari-hari dalam mengkonsumsi makanan. Namun pada dasarnya, makanan pokok yang dikonsumsi orang adalah sama, yaitu mencakup nasi, sayuran, buah dan lauk pauk. Lauk pauk dapat Anda kelompokkan kembali seperti lauk pauk yang berasal dari ikan, unggas maupun protein nabati. Contoh kebutuhan primer dalam sisi pangan di atas merupakan prioritas yang harus dipenuhi.

  • Kebutuhan sandang

Kebutuhan akan sandang memang sudah sejak lama menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh masing-masing orang. Namun, sering kali kebutuhan akan sandang justeru menjadi penyebab pengeluaran yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sandang menjadi tinggi, karena sandang atau pakaian saat ini tidak hanya dilihat dari sisi nilai gunanya saja tetapi juga dari sisi gaya, harga dan brand. Namun, Anda dapat menghindari hal tersebut dengan tetap mengutaman nilai guna walaupun Anda tetap menyisipkan nilai gaya. Dengan begitu pakaian tetap dapat menjadi salah satu contoh kebutuhan primer yang dapat Anda penuhi dengan pengeluaran yang wajar.

  • Kebutuhan papan

Baca Juga : Sekilas Tentang Pengantar Ekonomi Makro

Kebutuhan akan papan adalah salah satu contoh kebutuhan primer yang mengeluarkan harga cukup tinggi agar kebutuhan ini dapat terpenuhi. Namun, Anda tetap bisa memperkecil biaya yang harus Anda keluarkan apabila Anda memiliki prioritas dalam menentukan tipe tempat tinggal seperti apakah yang ingin Anda miliki. Kenyamanan adalah salah satu hal yang penting dipertimbangkan dalam memilih tempat tinggal.

Contoh Kebutuhan Primer di Era Modern

Di era modern, gambar kebutuhan primer berkembang, bukan lagi soal sandang, pangan dan papan saja, tetapi juga mencakup kebutuhan lain terutama yang ada kaitannya dengan teknologi informasi. Tak ada salahnya menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Gambar kebutuhan primer yang saat ini wajib dimiliki adalah gadget dan telfon genggam yang memiliki fungsi sangat besar yaitu sebagai alat komunikasi dan memperoleh informasi.

Leave a Reply