Mempertimbangkan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan

Diposting pada

Seseorang memiliki prioritas dalam menentukan kebutuhannya masing-masing. Seseorang juga melakukan berbagai usaha untuk memenuhi segala kebutuhan-kebutuhan dalam hidupnya tersebut, seperti melakukan berbagai macam pekerjaan. Namun, ada faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan, seperti penghasilan, pekerjaan, lingkungan dan lain-lain.

Mengetahui Lebih Dalam Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan penting untuk dilkukan, terutama oleh anak-anak muda yang menempuh pendidikan di luar kota atau bagi mereka yang baru saja memulai suatu pekerjaan. Mengetahui latar belakang yang mempengaruhi kebutuhan juga penting dilakukan oleh mereka yang baru saja berkeluaga atau baru saja memiliki buah hati. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan  yang wajib diketahui :

Baca Juga : Sekilas Tentang Pengantar Ekonomi Makro

  1. Status

Status akan mempengaruhi kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi oleh seseorang. Seseorang yang berstatus single tentu akan berbeda dalam hal kebutuhannya dengan seseoarang yang berstatus telah menikah atau berkeluarga. Status menjadi salah satu hal paling krusial yang dapat menjadi latar belakang yang mempengaruhi kebutuhan. Seseorang yang masih single alias masih sendiri, hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan akan dirinya sendiri. Biasanya seseorang yang berstatus single memiliki kebutuhan-kebutuhan yang cukup sederhana untuk dipenuhi, seperti seputar kebutuhan sehari-hari yaitu pangan dan sandang. Namun kebutuhan seseorang yang single dapat lebih luas, misalnya kebutuhannya akan transportasi untuk melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain.

Selain itu, seseorang yang single biasanya belum memiliki rumah sendiri atau masih tinggal dengan orang tua, sehingga kebutuhannya untuk membayar segala macam tagihan rumah tidak menjadi tanggungannya. Berbeda dengan seseorang yang sudah memiliki keluarga, maka kebutuhannnya akan semakin banyak, mulai dari mencukupi kebutuhan pangan satu keluarga, kebutuhan akan pakaian satu keluarga, memenuhi kebutuhan perumahan, kebutuhan pendidikan anak-anak, kesehatan satu keluarga dan masih banyak kebutuhan-kebutuhan lainnnya. Status seseorang yang sudah berkeluarga menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.

  1. Lingkungan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan yang kedua adalah lingkungan. Dapat dikatakan, lingkungan dapat menjadi faktor yang cukup menentukan bagi seseorang dalam memenuhi kebutuhannya. Apabila seseorang berada pada lingkungan sederhana walaupun lingkungan tersebut dapat dikatakan berkecukupan namun tidak suka berfoya-foya, maka kemungkinan seseorang pun dapat hidup dengan sederhana dan tidak neko-neko. Namun, apabila seseorang berada pada lingkungan yang memiliki gaya hidup tinggi dan pemenuhan kebutuhan yang banyak, maka seseorang dapat saja terbawa. Latar belakang yang mempengaruhi kebutuhan dari lingkungan ini dapat menentukan jenis kebutuhan apa yang berusaha untuk dipenuhi. Bila seseorang berada pada lingkungan yang hanya fokus pada kebutuhan-kebutuhan pokok yang penting dan mengutamakan prioritas sekalipun seseorang berada pada lingkungan yang berkecukupan, maka dirinya juga akan memiliki prioritas akan kebutuhan yang harus dipenuhinya. Namun, bila dirinya berada pada lingkungan yang tidak memiliki prioritas dalam pemenuhan kebutuhan dan cenderung memenuhi kebutuhan yang tidak penting maka dapat saja dirinya terbawa.

Cara Menentukan Prioritas dari Latar Belakang yang Mempengaruhi Kebutuhan

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Indonesia

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk memiliki sesuatu, baik yang sifatnya penting ataupun tidak terlalu penting. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan yang harus dipertimbangkan oleh seseorang dalam memenuhi kebutuhannya. Namun, seseorang juga perlu mengendalikan diri ketika berusaha memenuhi kebutuhannya, karena bisa saja ada kebutuhan-kebutuhan lain yang kebih penting untuk segera dipenuhi, dari pada kebutuhan yang hanya sebatas keinginan semata. Cara yang dapat dilakukan dalam menentukan prioritas dari latar belakang yang mempengaruhi kebutuhan adalah dengan menghitung secara matang berepa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sesuatu, lalu bagaimana nilai guna yang akan diberikan barang tersebut serta mempertimbangkan apakah ada kebutuhan lainnya yang perlu dipenuhi.

Loading...

Tinggalkan Balasan