Membedakan Kebutuhan Primer Sekunder Tersier

Posted on

Untuk bisa membedakan kebutuhan primer sekunder tersier, tentu yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah pengertian masing-masing kebutuhan tersebut. Kebutuhan sendiri memiliki pengertian sebagai segala sesuatu yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup dan memperoleh kesejahteraan serta kenyamanan. Selanjutnya, kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang pertama harus dipenuhi demi mempertahankan hidup. Dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan ini mencakup kebutuhan pokok seperti pakaian, tempat tinggal, dan makanan. Biasanya disebut dengan “sandang, papan, pangan”. Namun, bisa juga berbeda tergantung dalam posisi apa kamu saat ini. Kemudian kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan kedua yang harus dipenuhi. Jika kebutuhan primer sudah terpenuhi, maka kepentingan selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan sekunder ini. Sementara kebutuhan tersier merupakan kebutuhan pada prioritas ketiga. Pemenuhan kebutuhan tersier dilakukan setelah kebutuhan primer dan sekunder. Jadi, kebutuhan paling penting atau prioritas teratas adalah kebutuhan primer, kemudian disusul sekunder, baru kemudian tersier.

Ilustrasi atau Contoh Kebutuhan Primer Sekunder Tersier

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Indonesia

Untuk lebih memudahkan pemahaman terhadap perbedaan kebutuhan primer sekunder tersier, maka kamu bisa melihat contoh kebutuhan primer sekunder tersier bagi pelajar. Jika kamu adalah pelajar, tentu sudah biasa mengalami masa-masa saat kamu bingung menentukan mana barang yang akan dibeli terlebih dahulu dan mana yang harus dikesampingkan. Biasanya keadaan tersebut terjadi ketika kamu hanya memiliki uang dengan jumlah terbatas. Misalnya, saat ini sebagai pelajar kamu sedang akan belajar di rumah atau mengerjakan PR dari guru. Ternyata, buku tulismu sudah habis, kemudian pensil yang akan kamu gunakan sudah pendek sehingga agak tidak nyaman dipegang. Kamu juga merasa lebih bersemangat jika bisa mengerjakan PR sambil memakan cemilan. Lalu menurutmu, mana yang merupakan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier?

Berdasarkan contoh di atas, maka kita bisa membaginya menjadi kebutuhan primer sekunder tersier. Buku merupakan kebutuhan primer karena tanpa buku kamu tidak bisa mengerjakan PR-mu. Kemudian pensil merupakan kebutuhan sekunder, karena pensil merupakan kebutuhan pelajar, namun saat itu kamu masih bisa mengatasinya. Terakhir, cemilan merupakan kebutuhan tersier karena hanya merupakan pemuas keinginanmu saja. Namun, cemilan tetap merupakan kebutuhan bagi seorang pelajar karena dapat membuat kamu memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan dalam belajar atau mengerjakan PR.

Selain kebutuhan primer sekunder tersier, ada kategori kebutuhan lainnya yaitu yang dibedakan berdasarkan sifat, berdasarkan bentuk, berdasarkan waktu, serta berdasarkan subjeknya. Berikut ini berbagai macam kebutuhan berdasarkan kategori tersebut:

  • Berdasarkan sifat : kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
  • Berdasarkan bentuk : kebutuhan material dan kebutuhan immaterial.
  • Berdasarkan waktu : kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa depan.
  • Berdasarkan subjek : kebutuhan individu dan kebutuhan bersama.

Bagaimana kebutuhan primer sopir angkot berbeda dengan kebutuhan sebagai seorang pelajar?

Baca Juga : Faktor Ekonomi Dalam Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Setiap orang bisa saja memiliki kebutuhan yang berbeda. Perbedaan kebutuhan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti profesi, usia, hobi, agama, alam atau peradaban, adat istiadat, serta status sosial dan ekonomi. Misalnya, kebutuhan primer sopir angkot akan berbeda dengan kebutuhan sebagai seorang pelejar seperti yang sudah dicontohkan sebelumya. Perbedaan kebutuhan antara sopir angkot dan pelajar merupakan contoh faktor pembeda karena profesi.

Contoh perbedaan kebutuhan lainnya adalah kebutuhan bagi orang yang berada di tempat dengan cuaca dingin dan orang yang berada di tempat dengan cuaca panas. Kedua orang dari cuaca berbeda tersebut tentu memiliki tingkat kebutuhan akan pakaian hangat yang berbeda. Bagi orang yang berada di cuaca dingin, pakaian hangat merupakan kebutuhan primer karena tanpa pakaian hangat maka orang tersebut bisa saja kehilangan nyawa. Sementara bagi orang yang berada di cuaca panas, kipas angin lebih penting daripada baju hangat. Cukup bisa dimengerti bukan? Sekian pembahasan tentang kebutuhan primer sekunder tersier kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply