Memahami Inti Masalah Ekonomi

Posted on

Ekonomi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti secara garis besar yaitu “aturan rumah tangga”. Sementara jika dijabarkan berdasarkan asal katanya, maka ekonomi terdiri dari dua kata yaitu oikos dan nomos. Oikos artinya keluarga atau rumah tangga, sementara nomos artinya peraturan, aturan, hukum. Maka, dari susunan kata tersebut, diperolehlah arti secara garis besar bahwa ekonomi berarti aturan rumah tangga. Kegiatan ekonomi dilakukan oleh manusia setiap harinya. Kegiatan ekonomi tersebut tentu tak terhindar dari berbagai masalah. Namun, ada inti masalah ekonomi yang perlu kita pahami. Apakah inti masalah tersebut?

Inti masalah ekonomi yaitu bahwa adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas sementara ketersediaan alat pemenuhan kebutuhan atau sumber daya sangat terbatas. Bagaimana hal tersebut dikatakan sebagai masalah? Untuk memahaminya, maka kita perlu mengetahui tentang pengertian masalah. Masalah merupakan keadaan saat terjadi gap atau kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Dalam hal ini, harapan berasal dari keinginan manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya, sementara kenyataannya adalah bahwa sumber daya yang ada di sekitar kita memiliki keterbatasan. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas kemudian disandingkan dengan ketersediaan sumber daya yang terbatas akhirnya menimbulkan gap atau kesenjangan. Saat itulah inti masalah ekonomi terjadi. Selain disebut sebagai inti masalah ekonomi, keadaan saat terjadi gap atau kesenjangan tersebut juga disebut sebagai kelangkaan (scarcity).

Menjabarkan Unsur-unsur Inti Masalah Ekonomi

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi Adalah Hal yang Harus Diperhatikan

Melihat apa yang menjadi inti masalah ekonomi, maka kita bisa melihat beberapa unsurnya yaitu kebutuhan manusia, kebutuhan manusia yang tidak terbatas, alat pemenuhan kebutuhan, serta keterbatasan sumber daya. Berikut ini akan diulas satu persatu:

  • Kebutuhan manusia

Kebutuhan manusia merupakan segala sesuatu yang harus dipenuhi oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya, serta membuat kehidupannya sejahtera dan nyaman. Kebutuhan manusia dikategorikan menjadi beberapa jenis. Namun secara umum, kebutuhan tersebut dibagi menjadi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Pembedaan tersebut berdasarkan intensitasnya atau tingkat kepentingan untuk dipenuhi. Dari yang paling harus dipenuhi adalah kebutuha primer, kemudian disusul kebutuhan sekunder, dan tersier.

  • Kebutuhan manusia yang tidak terbatas

Inilah salah satu penyebab inti masalah ekonomi. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas bisa terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa hal seperti sifat alami manusia, tingkat pendapatan, lingkungan alam, lingkungan sosial, kemajuan teknologi dan informasi, agama dan kepercayaan, akulturasi budaya, serta perdagangan internasional. Sebagai salah satu penyebab terjadinya masalah ekonomi, maka kebutuhan manusia yang tidak terbatas harus diatasi. Cara mengatasi kebutuhan manusia yang tidak terbatas salah satunya yaitu dengan menentukan pilihan dalam mengonsumsi. Hal tersebut dilakukan dengan menyusun skala prioritas saat akan melakukan kegiatan konsumsi. Selain itu, bisa dilakukan juga dengan mencari sumber daya atau alat pemuas kebutuhan alternatif.

  • Alat pemenuhan kebutuhan

Alat pemenuhan kebutuhan atau alat pemuas kebutuhan merupakan segala jenis instrumen yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Secara garis besar, alat pemenuhan kebutuhan dibagi menjadi dua yaitu barang dan jasa.

  • Keterbatasan atau kelangkaan sumber daya

Terjadinya kelangkaan sumber daya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu:

  • Sumber daya tidak dapat diperbarui,
  • Produktivitas tidak lancar,
  • Perbedaan letak astronomi (wilayah),
  • Jumlah penduduk yang semakin besar,
  • Rendahnya pendidikan.

Baca Juga : Tujuan Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Contoh Masalah Ekonomi Kelangkaan dan Cara Mengatasinya

Contoh masalah ekonomi kelangkaan yaitu ketika sumber daya BBM (Bahan Bakar Minyak) sudah sulit ditemukan, namun BBM masih menjadi sumber daya yang dibutuhkan oleh manusia. Saat itulah terjadi masalah ekonomi yang harus segera diatasi. Cara mengatasi masalah ekonomi yang terjadi tersebut misalnya yaitu dengan cara mengurangi kebutuhan manusia akan sumber daya tersebut. Kemudian mencari sumber daya alternatif seperti menggunakan tenaga surya, etanol, dan sebagainya. Sekian ulasan tentang inti masalah ekonomi kali ini, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply