Makna dan Contoh Kebutuhan Primer

Posted on

Contoh kebutuhan primer – Dalam menjalankan kehidupan ini, manusia memang memiliki 3 kebutuhan yang akan menjadi fondasi untuk kelangsungan hidup seseorang. Sebenarnya, manusia memiliki 3 kebutuhan yang penting yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Masing-masing kebutuhan memiliki peran penting di dalam hidup manusia. Manusia terkadang memiliki kebuthan hidup yang harus terpenuhi dan terlaksana, hal ini sangat penting karena kebutuhan adalah sesuatu yang memang dibutuhkan oleh manusia, dan apabila sesuatu tersebut tidak dapat terpenuhi maka bisa sangat mengganggu adanya kelangsungan hidup dari orang tersebut. Karena selama manusia hidup pasti aka nada banyak hal yang dibutuhkan untuk melangsungkan hidupnya dengan baik. Biasanya kebutuhan itu juga sangat dipengarui dengan adanya faktor-faktor tertentu, seperti budaya, agama, lingkungan, dan lainnya.

Baca Juga : Prinsip Ekonomi Islam Modern di Indonesia

Beberapa Contoh Kebutuhan Primer Mendasar Manusia

Dari penjelasan tentang apa itu kebutuhan, pasti sudah jelas jika manusia tidak melaksanakan kebutuhan maka kelangsungan hidupnya bisa terganggu. Salah satu kebutuhan yang paling pokok dari kebutuhan lainnya adalah kebutuhan primer. Apa pengertian kebutuhan primer? Kebutuhan primer yaitu suatu kebutuhan pokok atau utama yang mendasar dan harus dipernuhi oleh manusia. Apa akibatnya jika kebutuhan primer tidak terpenuhi? Jika kebutuhan primer Anda tidak terpenuhi, maka bisa mengganggu kelangsungan hidup. Misalnya contoh kebutuhan primer yang mendasar adalah makanan. Jika manusia tidak makan sampai berhari hari, maka akan mengganggu kesehatan manusia. Nah, untuk contoh kebutuhan primer lainnya adalah sebagai berikut.

  • Pangan atau Makanan

Yang pertama, sudah dijelaskan sebelumnya bahwa makanan merupakan contoh kebutuhan primer yang paling mendasar. Apabila manusia tidak mengkonsumsi makan dan minum selama beberapa hari pasti akan sangat mengganggu kesehatan manusia. Apalagi di negara Indonesia yang merupakan negara berkembang ini, banyak makanan yang memang diproduksi dengan cara tradisional yaitu dengan memperluas lahan pertaniannya. Seperti makanan pokok orang Indonesia adalah nasi yang berasal dari beras.

  • Sandang atau Pakaian

Kebutuhan sandang atau pakaian ini juga termasuk kebutuhan utama yang diperlukan oleh manusia. Tanpa adanya pakaian, manusia akan telanjang tanpa busana. Pakaian sangat penting untuk melindungi tubuh manusia dari cuaca yang dingin dan panas. Contoh pakaiannya adalah pakaian santai atau rumah, pakaian kerja, pakaian pesta, dan lainnya.

  • Tempat Tinggal atau Papan

Tidak munafik jika manusia membutuhkan tempat tinggal atau rumah untuk tempat berteduh. Sebagai manusia yang normal pasti akan memerlukan tempat tinggal atau rumah sebagai tempat berkumpulnya keluarga.

Contoh Kebutuhan Primer Lainnya

Beberapa contoh kebutuhan primer yang di atas adalah kebutuhan primer yang mendasar dan paling utama yang harus kita miliki.Tidak hanya itu, adapun contoh kebutuhan primer lainnya yang juga masih sangat penting untuk manusia.

Baca Juga : Teori Pembangunan Ekonomi Terkenal

  • Keluarga

Siapa sih yang tidak ingin memiliki keluarga?Keluarga adalah sebuah hal yang sangat dibutuhkan manusia.Berbagai hal yang pernah kita pelajari semua dari keluarga yang membesarkan kita sampai dewasa.Untuk itu, bersyukurlah untuk Anda yang masih memiliki keluarga lengkap.

  • Teman

Sebagai makhluk sosial, manusia tentunya sangat membutuhkan banyak teman untuk bersosialisasi di lingkungan sekitar. Tanpa adanya teman, orang tersebut pasti akan sangat kesepian dan sulit untuk melakukan komunikasi ketika sedang berada di luar rumah.

Itulah beberapa contoh kebutuhan primer yang utama atau pokok yang paling mendasar. Kebutuhan adalah sesuatu yang paling diperlukan manusia dalam menjalankan kehidupan. Pernyataan tentang kebutuhan primer di atas sudah selayaknya kita lakukan dengan cara berusaha.

Leave a Reply