Indikator dan Cara Menghitung pertumbuhan ekonomi

Posted on

Kondisi ekonomi suatu negara umumnya fluktuatif. Kondisi ini bisa berubah meningkat atau bahkan menurun tergantung laju perekonomian yang terjadi. Pada dasarnya setiap negara termasuk Indonesia pasti menginginkan pertumbuhan ekonomi yang positif setiap tahunnya. Adanya pertumbuhan ini bisa diketahui dengan cara menghitung pertumbuhan ekonomi.

Indikator dan Cara Menghitung pertumbuhan ekonomi

 

Pertumbuhan ekonomi sendiri merupakan keadaan peningkatan pendapatan nasional . Suatu pertumbuhan ekonomi terjadi jika di suatu negara terjadi peningkatan jumlah produksi barang dan jasa. Di negara-negara maju, kondisi ekonomi biasanya cenderung lebih stabil berbeda dengan negara berkembang yang masih sangat fluktuatif. Cara menghitung pertumbuhan ekonomi dalam negeri perlu dilakukan secara berkala dalam rentang waktu tertentu untuk mengetahui kondisi peningkatan ekonomi negara.

Baca Juga : 3 Contoh Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Ekonomi

Suatu negara dapat dikatakan mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi apabila menunjukkan tanda-tanda tertentu. Tanda-tanda ini bisa terlihat bersamaan ataupun salah satunya, yaitu :

  1. Adanya ekspansi dari negara maju

Masuknya investor dari negara maju di suatu negara menandakan kondisi ekonomi di negara tersebut memiliki potensi berkembang yang baik. Semakin banyak investor asing maka perekonomian suatu negara bisa menjadi semakin tinggi.

  1. Terjadi peningkatan volume produksi barang dan jasa

Salah satu tanda pertumbuhan ekonomi adalah meningkatnya produksi barang dan jasa di dalam negeri. Laju perdagangan yang meningkat merupakan indikasi kondisi ekonomi yang juga meningkat.

  1. Terjadi peningkatan laju pertumbuhan penduduk beserta produk per kapita

Laju pertumbuhan penduduk di suatu negara yang meningkat beriringan dengan produk per kapitanya menunjukkan laju ekonomi juga berputar dengan cepat.

  1. Terjadi proses urbanisasi yang tinggi

Urbanisasi adalah suatu proses perpindahan penduduk dari desa ke kota. Terjadinya proses urbanisasi ini menunjukkan ada banyak kesempatan yang tersedia di kota dan dimanfaatkan oleh penduduk desa. Kondisi ini menandakan perokonomian bangsa dengan kondisi yang baik.

Selain tanda-tanda tadi, ada pula beberapa indikator yang bisa menunjukkan tingkat pertumbuhan ekonomi dari suatu negara. Indikator ini diantaranya adalah :

  1. Angka serapan tenaga kerja dan angka pengangguran

Semakin tinggi serapan tenaga kerja dan semakin rendah angka pengangguran menunjukkan produktivitas perekonomian yang tinggi. Kedua angka tersebut saling berkaitan, ketika salah satu meningkat maka satunya pasti menurun begitu pun sebaliknya.

  1. Angka PDB (Produk Domestik Bruto)

Angka PDB ini diperoleh dari seluruh nilai pendapatan riril yang telah dihitung dengan menyertakan seluruh keluaran barang dan jasa yang diproduksi. Pertumbuhan ekonomi terhitung meningkat jika nilai PDB suatu negara lebih tinggi dari periode penghitungan sebelumnya.

  1. Angka pendapatan per kapita (riil)

Pendapatan per kapita menunjukkan pendapatan riil yang diperoleh masyarakat. Semakin tinggi angkanya maka pertumbuhan ekonomi yang terjadi juga semakin tinggi.

  1. Tingkat kesejahteraan masyarakat

Kesejahteraan masyarakat dapat dihitung secara kuantitatif melalui nilai pendapatan per kapita masyarakat. Meratanya nilai pendapatan per kapita penduduk ini menjadi indikator bahwa kesejahteraan hidup masyarakat juga meningkat ke arah yang lebih baik.

Baca Juga : Topik Pokok Makalah Masyarakat Ekonomi ASEAN yang Hangat Diperbincangkan

Cara menghitung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan dengan membandingkan nilai Produk Domestik Bruto saat ini dengan periode sebelumnya. Penghitungan nilai PDB ini bisa dilakukan dengan interval tertentu seperti per 3 bulan atau per tahun. Memperoleh nilai pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan rumus tertentu yaitu :

Gt = (PDBt-PDBt-1)/PDBt x 100%

Gt merupakan pertumbuhan ekonomi, PDBt adalah produk domestik bruto pada periode t dan PDBt-1adalah nilai produk domestik bruto pada periode sebelumnya. Menghitung nilai peningkatan ekonomi sangat bermanfaat untuk mengevaluasi kondisi ekonomi negara.

Leave a Reply