Hierarki Kebutuhan Maslow di Kehidupan Manusia

Diposting pada

Teori kebutuhan ini pertama kali dikenalkan oleh seorang ilmuwan yang bernama Abraham Maslow. Hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow menyatakanbahwa setiap manusia atau individu pastinya memiliki kebutuhan. Dan kebutuhan itu akan dipenuhi terlebih dahulu di tingkat yang lebih rendah sebelum memenuhi kebutuhan lain yang tingkatannya lebih tinggi. biasanya teori ini dibentuk dengan skema segitiga kebutuhan, dimana tingkat paling dasar diisi dengan kebutuhan-kebutuhan primer yang sehari-harinya kebutuhan tersebut harus dipenuhi oleh setiap individu yang hidup. Hierarki kebutuhan Maslow ini memang terjadi di kehidupan manusia sehari-harinya, dan juga menggambarkan pada manusia, betapa tidak puasnya setiap manusia itu terhadap semua yang ada.

3 Teori Hierarki Kebutuhan Maslow

Baca Juga : Faktor Ekonomi Dalam Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Manusia atau individu yang hidup, pasti memerlukan kebutuhan yang harus dipenuhi. Menurut Abraham Maslow, kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu adalah kebutuhan yang mendasar. Tapi tahukah Anda? Hierarki kebutuhan Maslow ternyata terbagi menjadi beberapa teori kebutuhan. Ini ada 3 teori kebutuhan Maslow yang sangat melekat pada kehidupan manusia :

  1. Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan fisiologis sangat berkaitan dengan manusia.Kebutuhan fisilogis itu berupa hal-hal yang sangat mendasar seperti makan, minum, baju, oksigen, dan juga tempat untuk berteduh dari panas dan hujan. Contoh teori hierarki kebutuhan maslow dikehidupan sehari-hari memang seperti itu. manusia jika merasa lapar, pasti secara refleks akan mencari makan dan memakan makanan tersebut hingga merasa kenyang. Begitupun juga jika merasa haus ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan kebutuhan fisik manusia.

  1. Kebutuhan Rasa Aman

Teori hierarki kebutuhan Maslow selanjutnya adalah kebutuhan rasa aman oleh setiap manusia yang hidup. Mereka yang merasa kehidupannya terancam, pastinya akan mencari perlindungan dan ketergantungan dengan orang lain. Setiap manusia pasti menginginkan hidup yang aman tanpa gangguan jahat dari luar.Dan itu bisa dikatakan kebutuhan aktualisasi diri.

  1. Kebutuhan dengan Rasa Kasih Sayang

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti ingin merasa dicintai dan diberi sebuah afeksi atau kasih sayang dari orang lain. Teori hierarki kebutuhan Maslow terakhir ini, menunjukkan kasih sayang  yang didapat bukan hanya dari kekasih saja, namun juga dari sahabat, keluarga dan dari pasangannya. Kebutuhan ini sangat melekat dengan manusia, karena terbukti jika seseorang merasa tidak pernah dicintai, dirinya akan merasa hancur dan terpuruk. Maka dari itu, setiap orang harus saling mengasihi antar sesama agar setiap orang berhak menerima kebutuhan ini.

Contoh Teori Maslow dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Indonesia

Abraham Maslow membuat teori seperti ini bukan semata-mata karena tidak terjadi di kehidupan sehari-hari.Justru karena sering terjadi di kehidupan sehari-hari, Abraham membuat teori tersebut. Teori hierarki kebutuhan Maslow inimemiliki teori kebutuhan maslow beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut ini :

  1. Misalnya kita ingin membeli baju, akan tetapi kebutuhan sembako untuk dikonsumsi sehari-hari sebentar lagi akan habis, maka jika menurut teori Maslow, kebutuhan yang mendasar terlebih dahulu untuk dilakukan. Yaitu mengesampingkan untuk membeli sembako terlebih dahulu. Baru jika ada uang yang lebih, bisa digunakan untuk membeli baju.
  2. Manusia membutuhkan kasih sayang dan juga perlindungan. Maka jagalah perasaan orang lain dan jangan menyakiti sesamanya. Bila ada orang yang membutuhkan bantuan dan mereka merasa takut akan suatu hal, jangan ragu untuk saling melindungi dan juga menyayangi satu sama lain. Karena itu semua termasuk kebutuhan manusia.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan