Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Indonesia

Diposting pada

Perkembangan ekonomi di suatu negara terjadi karena adanya beberapa faktor di baliknya. Perkembangan ekonomi Indonesia sendiri sebuah proses perkembangan ekonomi terjadi dari suatu rangkaian proses yang kompleks dan melibatkan banyak pihak. Pertumbuhan serta perkembangan ekonomi suatu negara dapat dengan mudah dilihat dari proses pembangunan yang terjadi pada berbagai bidang. Pembangunan ekonomi ini selalu terkait secara langsung dengan pertumbuhan ekonomi. Kedua hal ini saling mempengaruhi, ketika salah satu mengalami peningkatan maka akan diikuti dengan peningkatan yang lainnya.

Perkembangan ekonomi sendiri salah satunya ditandai dengan pembangunan ekonomi yang terjadi pada suatu negara. Terjadinya pembangunan dan perkembangan ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya :

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri dan Kelebihan Sistem Ekonomi Sosialis

  1. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu negara dalam melaksanakan pembangunan ekonomi. Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu mengembangkan perekononomian Indonesia dengan berbagai ide maupun kebijakan yang tepat. Suatu negara tidak hanya membutuhkan sumber daya yang memiliki kemampuan yang mumpuni namun juga kepribadian yang baik agar sumber daya yang ada tidak dimanfaatkan dengan cara yang salah.

  1. Sumbe daya alam

Sumber daya alam juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Sektor ekonomi salah satunya dibangun dari sektor industri dari aneka barang dan jasa. Sektor produksi barang ini tentu membutuhkan bahan mentah sebagai bahan baku yang akan diolah menjadi produk jadi. Semakin banyak jumlah dan rgam sumber daya alam yang dimiliki suatu negara akan semakin banyak pula jenis industri yang dapat dilakukan.
Melimpahnya sumber daya alam di Indonesia menjadi kelebihan tersendiri yang dapat mendukung pembangunan ekonomi menjadi jauh lebih baik. Akan tetapi ada permasalahan yang kerap ditemui yaitu kurangnya sumber daya manusia yang berkompeten yang mampu mengolah dengan baik dan tepat. Sumber daya manusia dan alam sangat berkaitan satu sama lain karena jika hanya ada salah satunya maka akan sulit untuk terjadi sebuah pembangunan ekonomi bangsa.

  1. Wawasan IPTEK yang memadai

IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi juga menjadi aspek penting dalam perkembangan ekonomi. Sumber daya manusia yang berkualitas harus dibekali dengan wawasan dan pengetahuan yang mencukupi tentang bidang yang ditekuninya. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menciptakan suatu proses pembangunan ekonomi yang efektif dan efisien serta tepat guna. Adanya IPTEK yang baik dapat membuat sumber daya manusia yang ada mampu memaksimalkan sumbe daya alam yang tersedia untuk memperoleh keuntungan yang maksimal, seperti pada prinsip ekonomi. Penerapan berbagai teknologi juga sangat memudahkan dalam proses perkembangan ekonomi

  1. Aspek sosial budaya masyarakat

Walaupun mungkin efeknya kurang terlihat secara drastis, faktor sosial dan budaya masyarakat memainkan peran yang cukup penting dalam peningkatan ekonomi Indonesia. Keadaan sosial serta budaya masyarakat yang baik dan positif dapat memberikan efek yang positif juga untuk perkembangan pembangunan ekonomi. Salah satu contohnya adalah adanya budaya gotong royong di Indonesia cukup memudahkan dalam menjalin sebuah kerjasama yang baik antara pihak yang terlibat dalam pembangunan ekonomi.  Adanya budaya kerjasama ini membuat interaksi antar berbagai pihak dapat terjadi dengan lebih mudah dan lancar sehingga berbagai aktivitas ekonomi dapat berlangsung sebagaimana diharapkan. Sebaliknya, budaya masyarakat yang negatif serta kondisi sosial yang tidak kondufis juga dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi sehingga berjalan lebih lambat.

Baca Juga : Pengantar Ekonomi Mikro dan Analisanya

Diperlukan sinergi dari 4 faktor tersebut untuk dapat mencapai perkembangan ekonomi Indonesia yang pesat sesuai dengan keinginan bersama. Masing-masing faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain sehingga tidak dapat hanya bertumpu pada 1 atau 2 faktor saja denga mengabaikan yang lainnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan