Faktor Ekonomi Dalam Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Posted on

Pertumbuhan ekonomi memang merupakan masalah jangka  panjang yang dialami oleh setiap Negara di dunia ini. Setiap Negara menginginakn adanya pertumbuhan ekonomi karena dengan begitu maka masyarakat Negara tersebut juga akan ikut mengalami pertumbuhan agar menjadi lebih baik. Ada juga yang menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah proses kenaikna kapasitas produksi perekonomian dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Banyak sekali faktor yang dapat memperngaruhi pertumbuhan ekonomi. Yang sering dibahas dalam makalah pertumbuhan ekonomi adalah faktor dari pertumbuhan ekonomi dan perkembangan pertumbuhan Indonesia.

Makalah Tentang Perekonomian Indonesia Saat Ini

Dalam istilah ekonomi sering sekali adanya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, oleh sebab itu bagi Anda yang ingin mendalami ekonomi harus banyak membaca mengenai makalah pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Ada beberapa perbedaan diantara pertumbuhan dan perkembangan ekonomi ini, diantaranya adalah:

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2017 Alami Peningkatan

Pertumbuhan ekonomi:

  1. Proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang
  2. Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat
  3. Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan
  4. Belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi
  5. Tidak memperhatikan pertambahan penduduk

Perkembangan ekonomi:

  1. Proses perubahan menuju perbaikan dengan usaha meningkatkan produk per kapita
  2. Memperhatikan pertambahan penduduk
  3. Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan
  4. Adanya pembangunan ekonomi yang selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi

Selain perbedaan dari keduanya dalam makalah pertumbuhan ekonomi juga sering disebutkan beberapa kesamaan dari pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, diantaranya:

  1. Pokok permasalahan akhir dan besar pendapatan perkapita yang sama
  2. Menjadi tanggung jawab pemerintah dan memerlukan dukungan rakyat
  3. Berdampak pada kesejahteraan rakyat

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perekonomian

Dalam materi pertumbuhan ekonomi yang sering tercantum dalam makalah pertumbuhan ekonomi biasanya terdapat beberapa teori mengenai pertumbuhan ekonomi seperti terori pertumbuhan klasik, teori Schumpeter, teori harrod-donar, dan teori pertumbuhan neo klasik. Setelah mengetahui beberapa materi teori tersebut, barulah terdapat beberapa factor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Berikut ulasannya:

  1. Faktor sumber daya manusia

Cepat atau lambatnya suatu pertumbuhan ekonomi tergantung juga pada sumber daya manusia  yang melaksanakannya selaku subjek pembangunan yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan pembangunan.

  1. Faktorsumber daya alam

Sumber daya alam yang sering menjadi sebuah tumpuan perekonomian seperti tanah, kekayaan mineral, tambang, kekayaan hasil hutan, dan kekayaan laut. Tetapi kekayaan alam ini tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan sember daya manusia.

  1. Faktor ilmu pengetahuin dan teknologi

Perkembangan IPTEK ini sangat memnentunkan percepatan dari peorses pembangunan dan pergantian pola kerja. Sehingga dapat berdampak pada aspek efisiensi, kualitas, dan kuantitas aktivitas ekonomi.

  1. Faktor budaya

Factor ini dapat berfungsi sebagai pembangkit dalam proses pembangunan dan juga dapat menjadi suatu penghambat proses pembangunan.

  1. Factor daya modal

Baca Juga : Pengertian Ilmu Ekonomi dan Sejarahnya

Sumber daya modal inilah yang menjadi sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi.

Selain dari beberapa factor tersebut, dalam makalah petumbuhan ekonomi sering disebutkan factor yang menghambat pertumbuhan ekonomi lainnya seperti:

  1. Korupsi

Korupsi dapat mempersulit pembangunan dan pertumbuhan ekonomi karena akan menjadi suatu kekacauan dalam pebelanjaan.

  1. Laju inflasi

Infalnsi akan berdampak pada menurunnya indeks kepercayaan konsumen.

  1. Tingkat suku bunga

Dengan adanya tingkat suku bunga maka akan memperngaruhi investasi.

  1. Meningkatnya harga bahan bakar

Sudah bukan rahasia umum lagi jika harga bahan bakar bisa mempengaruhi ekonomi suatu bangsa. Meningkatnya harga tersebut akan berdampak langsung terhadap perekonomian bangsa.

Itulah beberapa factor ekonomi yang sering dibahas dalam makalah pertumbuhan ekonomi atau dalam makalah perkembangan ekonomi di Indonesia

Leave a Reply