Ekonomi Islam Dalam Pusaran Ekonomi Global

Posted on

Peradaban Islam merupakan salah satu peradaban yang tertua di dunia. walaupun peradaban Islam pernah tenggelam dan tidak banyak diketahui oleh publik, namun lewat peninggalan sejarah berupa konsep-konsep ilmu pengetahuan membuktikan bahwa peradaban Islam merupakan peradaban yang maju dan bahkan menjadi cikal bakal berbagai macam bidang ilmu pengetahuan. Salah satu bidang ilmu pengetahuan yang hingga kini dikenal adalah ekonomi Islam. Konsep ekonomi Islam belum lama diketahui publik, padahal konsep ekonomi Islam sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian ekonomi Islam sebelum mengetahui lebih jauh bagaimana konsep ekonomi Islam di zaman yang sudah modern ini.

Prinsip Umum Ekonomi Islam

Baca Juga : Apa Saja 10 Prinsip Ekonomi? Berikut Penjelasannya

Islam merupakan salah satu peradaban tertua di dunia yang dibuktikan dengan berbagai peninggalan bersejarah yang telah terbukti keasliannya. Di zaman dahulu, Islam pernah mengalami masa kejayaan di Timur Tengah, dibuktikan dengan lahirnya nama-nama tokoh ilmu pengetahuan yang memberikan sumbangan besar pada perkembangan ilmu pengetahuan di zaman dahulu, bahkan hingga saat ini. Sebut saja Ibnu Sina atau di Eropa dikenal dengan Avisena yang merupakan bapak kedokteran dunia yang beragama Islam, kemudian Al Jabar yang merupakan seorang ilmuan matematikan yang menemukan konsep al jabar dalam ilmu matematika yang dipakai hingga saat ini.

Selain kedua tokoh tersebut, masih banyak tokoh ilmuan Islam yang memiliki pemikiran luar biasa hingga dapat menciptakan berbagai konsep ilmu pengetahuan. Bukan hanya di bidang kesehatan dan matematika saja ilmuan Islam memberikan sumbangsihnya untuk kemajuan dunia, namun Islam juga memiliki sumbangsih dalam sistem ekonomi yang disebut dengan ekonomi Islam. Banyak orang yang belum tahu mengenai pengertian ekonomi Islam karena setelah peradaban Islam mulai runtuh, dunia dikuasai oleh peradaban Barat yang menggunakan sistem ekonomi kapitalisme. Padahal sangat penting bagi orang Islam untuk memahami prinsip umum ekonomi Islam sebagai sistem ekonomi yang menggunakan hukum-hukum Islam.

Sejarah Sistem Ekonomi Islam

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis dan Negara yang Menganutnya

Berbicara mengenai pengertian ekonomi Islam, maka tak dapat dilepaskan dari sejarah sistem ekonomi Islam. Sistem ekonomi Islam pada awalnya lahir di Arab, dimana pada saat itu sistem ekonomi yang dianut oleh bangsa Arab belum memasukkan syariat-syariat agama Islam dan terdapat berbagai kekeliruan dalam menerapkan sistem ekonomi. Prinsip umum ekonomi Islam berupaya untuk meniadakan sistem bunga yang diterapkan pada lembaga keuangan konvensional. Sistem bunga merupakan sistem ekonomi yang haram dan termasuk dalam riba’ yang memberatkan masyarakat dalam membayar hutang maupun menabung sejumlah uang. Oleh karena sistem ekonomi yang menggunakan riba’, para tokoh Islam berupaya untuk memberikan sistem ekonomi alternatif yang tidak menggunakan sistem ekonomi konvensional yang riba’. Beberapa nama seperti Ibnu Khaldun telah diakui secara internasional sebagai salah satu penemu sistem ekonomi sebelum Adam Smith dan ekonom-ekonom dunia barat lainnya.

Memahami pengertian ekonomi Islam berarti memahami bagaimana prinsip umum ekonomi Islam pada perjalanan ekonomi Islam pada zaman sekarang. Beberapa dekade yang lalu, yaitu sekitar tahun 1960-an, para ekonom Islam berusaha membangkitkan konsep ekonomi Islam sebagai sistem ekonomi alternatif dari sistem ekonomi yang saat ini populer, yaitu sistem ekonomi kapitalisme. Sistem ekonomi kapitalisme dianggap merupakan sistem ekonomi yang membuat banyak orang menderita kerugian dan kemiskinan karena sistem riba’ yang diterapkan, sementara orang yang kaya semakin kaya.

Oleh karena itu, para ekonom Islam seperti Prof. Dr. Khursid Ahmad, Dr. M. Umer Chapta, Dr. Omar Zubair, Dr. M.A. Mannan dan banyak ekonom muslim lainnya mengadakan berbagai konferensi untuk membangkitkan kembali sistem ekonomi Islam dengan menjunjung prinsip umum ekonomi Islam agar dapat menjadi sistem ekonomi pengganti yang tanpa riba’ dan bisa membawa kehidupan ekonomi dunia menjadi lebih baik.

 

Leave a Reply