Contoh-Contoh Masalah Ekonomi Di Indonesia dan Upaya Mengatasinya

Posted on

Masalah eknomi selalu saja muncul dimana saja. Bahkan upaya yang dilakukan pun sudah terbilang cukup banyak. Nmaun tetap saja seolah menjadi jamur bagi negara ini. masalah ekonomi dapat dilihat berbagai sudut pandang yang didasarkan pada letak geografis. Dengan melakukan pendekatan tersebut muncullah konsep ekonomi regional atau konsep ekonomi lokal. Masalah ekonomi di Indonesia juga sangat kompleks mengingat luasnya dan banyaknkya penduduk dari negara ini. terlebih lagi kondisi Indonesia yang masih termasuk ke dalam negara berkembang.

Lalu apa saja contoh masalah ekonomi yang sedang dialami oleh Indonesia hingga saat ini? Contoh masalah ekonomi yang sedang dialami Indonesia mencangkup kemiskinan, inflasi, pengangguran, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa poin di bawah ini.

Masalah Ekonomi Jangka Pendek Indonesia

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri dan Kelebihan Sistem Ekonomi Sosialis

Masalah jangka pendek berkaitan dengan bagaimana cara mengatur kondisi ekonomi dari waktu ke waktu dengan peran tertentu. Karena berhubugan dengan waktu, maka biasanya masalh-masalah tersebut membutuhkank adanya suatu proses dan tahapan-tahapan. Terdapat tiga contoh masalah ekonomi di Indonesia :

  • Inflasi merupakan salah satu keadaan dimana jumlah produksi suatu barang atua jasa tidak dapat mencukupi permintaan pasar. Akibatnya terjadi kesenjangan harga-harga barang dan jasa. Semakin mahal harga barang dan jasa, semakin sulit mendapatkannya.
  • Karena banyaknya penduduk di Indonesia yang tidak diimbangi ena ketersediaan lapangan kmerja menyebabkan angka pengangguran di Indonesia naik setiap tahunnya. hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya sarjana yang belum mebdapatkank pekerjaan bahkan setelah lama sejak mereka lulus kuliah. Perlu adanya upaya kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat untuk menurunkan angka pengangguran. Misalnya membuat banyak lapangan pekerjaan, menyebarkan informasi seputar lowongan pekerjaan dengan lebih terbuka dan luas, mengadakan pelatihan-pelatihan untuk turut membangun sumber daya manusia.

Kurs Dollar Yang Terus Menerus Naik

Contoh masalah ekonomi yang selanjutnya adalah kurs dollar yang terus mengalami kenaikan. Akibat semakin tingginya angka inflasi, berdampak pada semakin turunnya nilai rupiah di mata dunia. Hal tersebut yang turut menjadi penyebab sulitnya Indonesia melakukan kegiatan ekonomi dengan negara-negara lain untuk mencukupi kebutuhan pasokan barang dan jasa dalam negeri.

Masalah Ekonomi Jangka Panjang di Indonesia

Masalah ekonomi jangka panjang adalah bagaimana mengendalikan kondisi ekonomi agar terjadi keseimbangan antara pertumbuhan penduduk, pertambahan kapasitas penduduk, dan ketersediaan dana untuk investasi. Masalah jangka panjang juga dapat digunakan untuk menghindari contoh-contoh masalah ekonomi dalam jangka waktu yang terus menerus.

Inflasi Jangka Panjang

Masalah ekonomi di Indonesia yang masuk ke dalam ekonomi jangka panjang dan pendek adalah inflasi. Jika pada masalah ekonomi jangka pendek inflasi terjadi dalam kurun waktu 1-2 tahun, maka pada masalah ekonomi jangka pendek terjadi dalam kurun waktu 5-10 tahunan. Terjadi cukup lama dan tentu jika hal it uterus terjadi dapat merusak kondisi ekonomi suatu negara. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk menurunkan angka inflasi :

Baca juga : Prinsip Ekonomi Islam Modern di Indonesia

  1. Kebijakan uang ketat. Seperti misalnya politik diskonto (menaikkan dan menurunkan suku bunga). Meningkatkan kas rasio yaitiu perbandingan modal dan pinjaman. Kredit selektif (kebijakan bank untuk semakin memperketat pemberian kredit).
  2. Kebijakan bidang produksi yaitu dengan memperbanyak kegiatan produksi. Tentunya membutuhkan kerjasama antara para masyarakat juga. Meminta para penanam modal berinvestasi juga merupakan salah satu cara memajukan kegiatan produksi suatu barang atau jasa.
  3. Kebijakan perdagangan interaksional. Dengan cara menurunkan biaya impor barang dengan tujuan memperbanyak barang yang beredar di masyarakat sehingga kebutuhan barang dan jasa semakin mudah dicukupi.

Demikian beberapa contoh masalah di bidang ekonomi yang terjadi di negeri kita. Dibutuhkan tekad yang kuat dari pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut demi kebaikan bangsa

Leave a Reply