Cara Mengatasi Masalah Ekonomi Di Tengah Modernisasi

Diposting pada

Pemenuhan kebutuhan menjadi salah satu tuntutan dalam kehidupan manusia, bahkan sejak berabad-abad yang lalu. Dalam sejarah bahkan, pertumpahan darah tak bisa terelakkan demi terpenuhinya kebutuhan manusia, terutama ketika manusia berada pada masalah ekonomi. Namun semakin lama, cara kekerasan ditinggalkan dan manusia mencari cara mengatasi masalah ekonomi di tengah tuntutan kebutuhan yang semakin tidak terkendali.

Cara Mengatasi Masalah Ekonomi dengan Pemanfaatan Teknologi

Persaingan masyarakat semakin ketat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang seolah-olah harus dipenuhi. Hal semacam ini tentu saja mudah bagi mereka yang memiliki pekerjaan dan pendapatan yang bagus, namun berbeda halnya bagi mereka yang memiliki pekerjaan tidak pasti dengan pendapatan yang tidak seberapa, sementara tanggungan keluarga yang harus dipenuhi tidak sedikit. Ketika pemenuhan kebutuhan di tengah arus modernisasi ini semakin sulit, masyarakat pun harus memutar otak untuk menemukan alternatif mengatasi masalah ekonomi. Salah satu hal yang bisa dilakukan demi menyelesaikan masalah eknomi di zaman yang sudah semakin modern adalah dengan beradaptasi pada zaman dan belajar memanfaatkan teknologi. Walaupun bagi beberapa orang, mempelajari teknologi adalah hal yang sulit dilakukan, namun, hal tersebut tak ada salahnya dicoba. Cara mengatasi masalah ekonomi yang dapat dicoba dengan memanfaatkan teknologi adalah dengan mencoba melakukan pekerjaan yang ada kaitannya dengan penggunaan teknologi. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang memanfaatkan teknologi dan mudah dalam mempelajari penggunaan teknologinya.

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi Adalah Hal yang Harus Diperhatikan

  1. Online Shop

Online shop merupakan salah satu terobosan dalam bidang ekonomi yang sudah terbukti dapat menjadi salah satu cara mengatasi masalah ekonomi. Tak terbatas pada perempuan, laki-laki pun bisa menjalankan bisnis ini. Ada berbagai macam bisnis yang bisa ditekuni dengan menggunakan sistem online shop, seperti bisnis makanan, snack, susu, pakaian, handphone, dan masih banyak lagi. Online shop memanfaatkan media sosial sebagai media penjualannya. Yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini adalah kesabaran dan ketelatenan serta ketelitian dalam melihat peluang pasar. Online shop sangat cocok dikerjakan oleh para ibu rumah tangga yang tidak bisa meninggalkan rumah karena harus mengurus keluarga namun tetap bisa menghasilkan uang dengan berjualan online shop di rumah. Online shop adalah alternatif mengatasi masalah ekonomi yang cukup mudah dipraktekkan dan bahkan dapat menjalin kerja sama dengan online shop lain.

  1. Ojek online

Di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, keberadaan ojek online sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tuntutan masyarakat untuk melakukan mobilisasi dengan cepat dan tepat waktu, membuat keberadaan ojek online ini sangat dibutuhkan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Ojek online adalah moda transportasi yang menggunakan sistem online dalam melakukan pemesanan. Driver hanya perlu mengunduh aplikasinya kemudian mendaftarkan diri, sementara penumpang hanya perlu mengunduh aplikasi dan memesan ketika dibutuhkan dengan menentuka lokasi penjemputan dan lokasi tujuan. Sementara untuk tarif, sudah ditentukan oleh aplikasi sehingga penumpang dan driver dapat mengetahui secara transparan. Keberadaan ojek online ini dapat menjadi salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan sembari melakukan pekerjaan lain, atau dapat dikatakan ojek online bisa menjadi pendapatakan tambahan, khususnya bagi mereka yang berada di kota besar dengan kebutuhan yang hidup yang tinggi. Ojek online menjadi salah satu cara mengatasi masalah ekonomi yang bisa dilakukan.

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Indonesia

Kunci Menerapkan Alternatif untuk Mengatasi Masalah Ekonomi

Mengatasi masalah ekonomi bukanlah hal yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Alternatif mengatasai masalah ekonomi harus dilakukan dengan semangat dan sikap pantang menyerah. Apabila sudah ada jalan di depan mata untuk mengatasinya, alternatif mengatasi masalah ekonomi yang selanjutnya adalah dengan tidak mudah menyerah pada ujian-ujian yang datang kemudian.

Loading...

Tinggalkan Balasan