Cara Mendapatkan Jurnal Ekonomi Pembangunan Indonesia dan Internasional Secara Gratis

Diposting pada

Dalam pencarian informasi berdasarkan fakta untuk pembuatan karya ilmiah atau skripsi tentu saja dibutuhkan jurnal ilmiah sebagai penelitian terdahulu. Hal ini memudahkan siapa saja yang tengah membuat karya ilmiahnya. Jurnal ilmiah adalah karya ilmiah yang dipublikasikan secara berkala yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan. Penerbitan jurnal ilmiah beragam, ada yang menerbitkannya mingguan, ulanna, maupun dalam interval waktu yang telah ditentukan oleh penyedia.

Semakin kesini, publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah semakin mengalami peningkatan yang luar biasa. Apalagi, setelah berkembang pesatnya dunia digital yang memungkinkan kita mendapatkan jurnal ilmiah secara daring. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para akademisi, mahasiswa, maupun peneliti untuk mencari jurnal ilmiah yang tersebar ‘berserakan’ dalam teknologi.

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2017 Alami Peningkatan

4 Fungsi Dasar Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Jurnal Ilmiah Secara Umum

Terdapat 4 fungsi jurnal ilmiah yang sellau berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan kajian baru dalam bidang ilmu pengetahuan. Fungsi tersebut, yaitu:

  1. Registration atau melakukan pencatatan. Hal yang diutamakan dalam mempublikasikan klaim ilmu pengetahuan adalah dengan membangun kepemilikan ide.
  2. Dissemination atau penyebaran, yaitu menyediakan akses atau penghubung antara suatu penemuan kepada khalayak yang mencari tentang suatu bidang ilmu pengetahuan
  3. Certifiction atau tanda persetujuan, yaitu untuk memastikan kontrol kualitas jurnal yang terpampang pada jurnal ilmiah melalui peer review.
  4. Archival Record atau pengarsipan, yaitu menjaga pencatatan ilmu pengetahuan. Hal ini bertujuan untuk penyimpanan permanen pada karya yang telah dipublikasikan oleh sang penelti, agar siapa saja dapa tmengakses setiap saat di kemudian hari.

4 Cara mendapatkan Jurnal Ekonomi Pembangunan Lengkap Secara Gratis

Bagi siapa saja yang bergelut dalam bidang ilmu ekonomi, tentu sangat membutuhkan jurnal ekonomi pembangunan guna membantu penemuan informasi berdasarkan fakta. Kini bahkan jurnal ilmiah telah banyak yang dapat diakses secara gratis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas dari Google, yaitu Google Scholar.

Google memang penuh dengan informasi penting untuk memenuhi kebutuhan informasi banyak orang. Bukan rahasia lagi, jika Google pun menyediakan laman pencarian khusus menelusuri publikasi ilmiah bernama Google Scholar yang sudah banyak dimanfaatkan. Dengan kemudahan tersebut, siapapun bisa mendapatkan kumpulan jurnal ekonomi pembangunan melalui Google Scholar.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Ekonomi dan Sejarahnya

Di antara jutaan publikasi ilmiah terkait jurnal ekonomi pembangunan terbarumaupun yang terdahulu yang terdapat dalam Google Scholar, bagaimana cara mencarinya agar lebih akurat? Berikut adalah cara cepat mencari jurnal ekonomi pembangunan pada laman Google Scholar, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka website https://scholargoogle.co.id/. Kemudian ketikkan pada kotak pencarian, misalnya ‘jurnal ekonomi pembangunan Indonesia’ atau internasional. Ketiklah tidak meebihi 5 kata, kecuali judul jurnal sudah diketahui sebelumnya.
  2. Setelah memperoleh hasil, maka akan terlihat beberapa hasil yang menunjukkan jurnal ekonomi pembangunan pdf. Jika hanya ingin membukanya, abaikan link PDF, namun jika ingin menyimpannya, klik link yang bertuliskan PDF.
  3. Terdapat menu ’article’ dan ‘my collection’ pada tampilan ini. Anda bisa mengaktifkan fitur ‘my collection’ untuk menyimpan jurnal ekonomi pembangunan yang telah Anda lihat.
  4. Pada bagian ini juga akan ditampilkan waktu publikasi jurnal tersebut, sehingga pemilihan tahun publikasi mulai dari yang terbatu hingga yang paling lama bisa dilakukan.
  5. Google Scholar selanjutnya akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan relevansi jurnal ekonomi pembangunan. Namun, jika Anda ingin mengurutkannya berdasarkan tanggal publikasi yang aling baru, Anda juga bisa melakukannya. Terdapat fitur pengubahan tersebut, yang tentunya dpaat lebih memudahkan Anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan