Apakah Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Posted on

Tahukah apa makna sebenarnya dari perbedaan kebutuhan dan keinginan? Kedua dari kata ini terdengar seperti mirip namun memiliki makna atau arti yang jauh berbeda.Meskipun sudah sangat sering hampir semua orang mengucapkannya, tetapi masih banyak orang juga yang tidak mengetahui makna dari masing-masing istilah atau kata tersebut. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap bahwa kedua kata tersebut memiliki makna yang sama. Namun, pada kenyataannya kedua istilah ini mengacu pada suatu hal yang sangat jauh berbeda. Jadi jangan menganggap keduanya memiliki makna yang sama, karena dapat memunculkan kesalahpahaman. Untuk mengetahui apa perbedaan kedua istilah ini, Anda harus memahami pengertian dari kedua kata tersebut.

Perbedaan Makna Kebutuhan dan Keinginan

Baca Juga :  Teori Pembangunan Ekonomi Terkenal

Untuk mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan, Anda harus tahu terlebih dahulu makna kebutuhan dan keinginan tersebut terlebih dahulu. Yang pertama, pengertian kebutuhan merupakan sesuatu yang memang dibutuhkan oleh manusia, dan jika sesuatu tersebut tidak dapat terpenuhi maka bisa sangat mengganggu adanya kelangsungan hidup dari orang tersebut. Karena selama manusia hidup pasti aka nada banyak hal yang dibutuhkan untuk melangsungkan hidupnya dengan baik. Biasanya kebutuhan itu juga sangat dipengarui dengan adanya faktor-faktor tertentu, seperti budaya, agama, lingkungan, dan lainnya. Biasanya jika semakin tinggi faktor kebudayaan itu, maka akan semakin tinggi dan banyak pula kebutuhan yang harus Anda penuhi.

Sedangkan, kebalikan dengan pengertian dari keinginan. Pengertian keinginan yaitu sesuatu yang memang dibutuhkan manusia, dan jika kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi maka tidak akan mempengaruhi kelangsungan hidup dari orang tersebut. Itu karena, suatu keinginan hanyalah kemauan dari setiap orang untuk melakukan atau memiliki sesuatu yang belum tentu penting dan menjadi kebutuhan di dalam hidupnya. Dalam arti lain untuk mengetahui pengertian keinginan adalah segala sesuatu tambahan dari kebutuhan yang memang diharapkan oleh orang tersebut dan jika terpenuhi maka orang itu akan merasa lebih senang dan baik perasaannya.

Contoh Kebutuhan dan Keinginan

Baca Juga : Prinsip Ekonomi Islam Modern di Indonesia

Dari adanya perbedaan kebutuhan dan keinginan di atas yang dilihat dari segi makna atau pengertian masing-masing, sudah dibuktikan bahwa keduanya memiliki arti yang sangat berbeda. Jadi, Anda pun bisa membedakan keduanya dengan benar. Namun, perbedaan dari pengertian kebutuhan dan keinginan di atas belum lengkap tanpa adanya contoh dari kedua istilah tersebut. Jika dilihat dari adanya contoh kebutuhan dan keinginan, keduanya akan jelas terlihat semakin berbeda satu sama lain.  Yang pertama, untuk contoh kebutuhan yang memiliki 3 jenis kebutuhan yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Untuk kebutuhan primer merupakan salah satu kebutuhan yang utama dan mendasar atau lebih dikenal dengan istilah kebutuhan pokok.Misalnya seperti makanan dan minuman (pangan) adalah kebutuhan utama setiap manusia, pakaian (sandang) adalah kebutuhan sekunder atau lainnya yang diperlukan manusia, dan rumah atau tempat tinggal (papan) juga dibutuhkan manusia untuk berteduh. Tetapi untuk contoh keinginan adalah seperti keinginan membeli mobil hanya untuk membuktikan status sosialnya sebagai orang kaya, makan di restoran mahal , ingin menjadi dokter, jalan-jalan atau liburan ke luar negeri karena penasaran dan keinginan lainnya yang belum sempat tercapai.

Nah, untuk makna dan contoh di atas adalah faktor-faktor yang membedakan antara kebutuhan dan keinginan dari manusia itu sendiri. Jadi, jangan samakan kedua istilah ini dengan arti yang sama karena pengertian kebutuhan dan keinginan sangat jauh berbeda.

 

Leave a Reply