Apa Itu Kebutuhan Pokok Manusia?

Posted on

Manusia pasti membutuhkan makanan, bernafas, dan bersosialisasi. Semua itu disebut dengan kebutuhan. Nah, bagaimana jika kebuthan manusia tidak dapat terpenuhi? Aoakah manusia akna mati? Atau apakah manusia tidak dapat menjalani kehidupan dengan baik?. Sejatinya, segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia disebut dengan kebutuhan.

Kebutuhan yang paling mendasar atau kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia disebut dengan kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan pokok manusia disebut juga dengan kebutuhan primer. Lalu sebenarnya apa sajakah yang termasuk dalam kebutuhan pokok primer yang harus dipenuhi oleh kita semua sebagai manusa? Dibawah ini akan dijelaskan macam-macam kebutuhan primer.

Macam-macam Kebutuhan Primer Manusia

Baca Juga : Pelaku Kegiatan Ekonomi yang Berperan Penting

  1. Pakaian (sandang)

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Pakaian atau biasa disebut dengan sandang berfungsi sebagai penutup dan pelindung tubuh dari panas dan dingin. Bayangkan saja jika manusia tidak menjadikan pakaian sebagai kebutuhan pokok mereka? Maka mereka tidak akan terlindungi. Terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan, dan tentu saja terlindungi dari panas dan gangguan lingkungan disekitar lainnya. Saat ini terdapat banyak sekali model-model pakaian mulai dari pakaian murah hingga mahal. Pakaianj terbuka dan tertutup. Hingga pakaian muslim.lalu bseperti apa pakaian yang baik itu? Pakaian yang baik adalah pakaian yang cukup menutupi anggota tubuh kita dari bahaya-bahaya tersebut. Selain itu, pakaian juga serting dijadikan kesan tertentu terhadap seseorang yang memakainya atau bisa disebut juga dengan nidentitas.

  1. Makan (pangan)

Selain sandang, pangan juga salah satu komponen kebutuhan pokok manusia. Pangan merupakan sumber kehidupan utama bagi seluruh makhluk hidup, tidak hanya manusia. Makanna merupakan sumber energi untuk dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Bayangkan saja jika manusia tidak menjadikan makan sebagai salah satu kebutuhan primer mereka, maka mereka akan kekurangan sumber energi dan akan mati. Namun, makan tidak boleh sembarang makan. Sangat dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak berbahaya. Karena selain sebagai sumber energi, makan juga bisa menjadi boomerang bagi tubuh kita apabila cara dan jenis makanan yang kita konsumsi tidak tepat atau bahkan berbahaya.

  1. Tempat Tinggal (papan)

Selain makan dan pakaian, manusia juga perlu sebuah tempat untuk melindungi dirinya dari bahaya lingkungan yang lebih besar. seperti hujan, panas, angin, dll. Oleh karenanya, manusia membuthkan sebuah tempat tinggal atau yang biasa disebut dengan rumah. Rumah bukanlah sebuah kebutuhan yang bisa dimiliki oleh masing-masing individu. Karena membuthkan orang lain, maka manusia biasanya menggunakan satu rumah untuk beberapa manusia lainnya yang biasa disebut denjgan keluarga. Jadi, selain sebagai tempat berlindung, rumah juga menjadi salah satu sarana bersosialisasi antar manusia.

Baca Juga : Tujuan Pembangunan Ekonomi di Indonesia

  1. keluarga

Keluarga juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Keluarga menjadi kebutuhan karena dalam kelurga terjalin sebuah ikatan kasih sayang. Pada dasarnyamanusia membutuhkan sebuah rasa kasih saying. Salah satu sumber kasih sayang yakni keluarga. Dengan menjaga hubungan baik dengan keluarga, maka kebutuhan rasa sayang niscaya akan terpenuhi dengan baik pula.

Itulah beberap contoh kebutuhan pokok manusia. Dari keempat kebutuhan tersebut, kebutuhan sandang, papan, dan panganlah yang merupakan kebutuhan primer paling penting yang wajib dipenuhi untuik kelangsungan hidup manusia. Untuk memenuhi kebutuhan itu semua, manusia diharapkan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dengan cara–cara yang baik dan benar agar hasil yang diterima pun berkah dan bermanfaat.

 

Leave a Reply