8 Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi Negara

Diposting pada

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi seperti contohnya sumber daya alam. Kekayaan sumber daya alam dapat dikembangkan untuk membantu mengembangkan perekonomian suatu negara. selain itu, kekayaan alam suatu negara juga dapat sebagai pancingan untuk menarik investor dari negara lain. Indonesia sendiri merupakan negara yang dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah, mulai dari rempah-rempah hingga sektor pertambangan ada di Indonesia. maka tidak heran jika banyak investor asing yang datang ke indonesia untuk membangun sektor industri. Meski kekayaan alam sangat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara, namun ada juga beberapa negara yang dapat maju meski tidak memiliki kekayaan alam yang cukup. Jepang dan Belanda merupakan contoh negara yang dapat tumbuh meski dengan keterbatasn sumber daya alamnya namun mampu untuk mengembangkan. Dalam artian, kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan dengan optimal dapat membantu meningkatkan perekonomian suatu  negara.

Faktor Pendorong Pembangunan Ekonomi Negara

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri dan Kelebihan Sistem Ekonomi Sosialis

Kemajuan suatu negara ditentukan oleh banyak hal salah satunya adalah aspek dari dampak pembangunan ekonomi. Indikator kemajuan suatu negara salah satunya ditentukan oleh pembangunan ekonominya. Pembangunan ekonomi yang adil dan merata akan mendorong terciptanya keadaan ekonomi yang baik di masyarakat. Pembangunan ekonomi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara adalah sebagai berikut.

  1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan elemen penting dalam pembangunan ekonomi suatu Negara. Sumber daya alam yang berlimpah, baik itu sumber daya alam hayati maupun non hayati apabila dikelola dengan baik akan mampu menekan biaya produksi menjadi lebih kecil. Sebaliknya, jika tidak memiliki sumber daya alam yang cukup, maka untuk memenuhi kebutuhan produksi harus mendatangkannya dari luar negeri. Dan hal ini dapat membuat pengeluaran produksi semakin membesar.

  1. Sumber Daya Manusia

Tidak hanya sumber daya alam, elemen penting lainnya adalah sumber daya manusia. Sumber daya alam yang berlimpah jika tidak disertai dengan sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya, maka tak  akan ada artinya. Kemampuan manusia dalam mengelola sumber daya alam inilah yang menjadi kunci pemanfaatan sumber daya alam dengan baik dan maksimal.

  1. Sumber Daya Modal

Kelancaran pembangunan ekonomi juga ditentukan oleh banyaknya modal yang tersedia. Dengan modal yang banyak akan mampu menjalankan pembangunan ekonomi dengan baik tanpa harus bergantung kepada pihak lain. Namun jika modal yang tersedia tidak mencukupi, maka biasanya negara akan membuka jalur penanaman modal dari pihak lain. Baik itu bersumber dari swasta, maupun dari pihak asing yang tertarik untuk berinvestasi.  Hal ini merupakan salah satu aspek dari dampak pembangunan ekonomi.

  1. Ilmu pengetahuan dan Teknologi

Ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi maju, pembangunan ekonomi akan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efesien. Selain itu, dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih akan lebih menghemat proses produksi barang dan jasa. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga turut serta dalam terciptanya infrastruktur yang mempermudah kegiatan ekonomi.

  1. Sosial Budaya

Nilai-nilai sosial budaya yang ada di masyarakat juga menjadi faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara. Negara yang masyarakatnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai sosial budaya, cenderung lebih bisa menjaga lingkungannya dari hal-hal yang bersifat merusak. Sehingga pembangunan ekonomi akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya konflik.

  1. Keadaan Politik

Keadaan politik yang baik dari suatu negara menjadi faktor yang sangat penting untuk menarik para investor datang menanamkan modalnya ke negara tersebut. Politik yang stabil juga merupaka aspek dari dampak pembangunan ekonomi Dengan keadaan politik yang stabil para pemodal tidak akan untuk berinvestasi dengan jumlah yang banyak. Sehingga dengan modal yang banyak tersebut kegiatan produksi dapat berjalan dengan lancar dan pembangunan ekonomi juga berjalan dengan baik.

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi Adalah Hal yang Harus Diperhatikan

  1. Sistem Pemerintahan

Pembangunan ekonomi juga ikut ditentukan oleh sistem pemerintahan yang mendukung percepatan ekonomi. Dengan sistem pemerintahan mendukung, terutama dengan peraturan yang mengizinkan masuknya investor asing maka akan membuka kesempatan yang sangat besar memperoleh modal yang lebih banyak untuk pembangunan yang lebih merata.  Aspek dari dampak pembangunan ekonomi juga memberikan pengaruh terhadap sistem pemerintahan suatu negara.

  1. Infrastruktur

Terakhir faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara adalah tersedianya infrastruktur yang lengkap dan memadai. Dengan infrastruktur yang merata, maka akan tercipta kemudahan dan kenyamanan para pelaku ekonomi dalam menjalankan kegiatan ekonominya. Infrastruktur yang baik juga akan mendorong efektifitas dan efisiensi kegiatan produksi serta pembangunan yang merata.

Loading...

Tinggalkan Balasan