4 Unsur yang Harus Ditetapkan dalam Perencanaan Pembangunan Ekonomi

Diposting pada

Pembangunan ekonomi suatu negara memiliki peran yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. Pentingnya aspek pembangunan ekonomi ini membuat perencanaan pembangunan ekonomi harus dilakukan dengan tepat oleh pihak-pihak yang benar-benar memiliki kompetensi yang unggul. Perencanaan yang dibuat dengan pertimbangan yang kurang matang bisa berakibat pada tidak tercapainya tujuan ekonomi yang diinginkan.

Perencanaan pembangunan ekonomi sendiri adalah tindakan pembuatan aturan serta pengendalian dari suatu tindakan perekonomian yang dilakukan untuk memastikan semua tindakan dapat mencapai tujuannya. Tujuan dari suatu tindakan pembangunan ekonomi ini biasanya memilki jangka waktu tertentu untuk dapat tercapai. Hal ini yang membuat perancangan dan perencanaannya harus dilakukan dengan sangat matang. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan dalam menyusun sebuah rencana pembangunan ekonomi. Berikut ini beberapa unsur yang terkandung di dalam sebuah rancangan program ekonomi :

Baca Juga : Cara Mendapatkan Jurnal Ekonomi Pembangunan Indonesia dan Internasional Secara Gratis

  1. Ada tujuan utama yang ingin dicapai dari pelaksanaan pembangunan ekonomi

Setiap tindakan yang dilakukan pasti memiliki tujuan, tidak terkecuali pada tindakan pembangunan di bidang ekonomi. Unsur utama dan yang pertama kali ditentukan adalah tujuan utama dari tindakan yang akan dilakukan. Tujuan ini nantinya yang akan menentukan arah dari segala tindakan yang akan diambil, tanpa ada tujuan yang jelas maka perencanaan tindakan ekonomi tidak akan dapat dilakukan. Beberapa contoh tujuan dari pembangunan ekonomi ini diantaranya adalah penyediaan lapangan kerja , penurunan angka pengangguran, peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan pemasukan devisa negara dan masih banyak lagi.

  1. Adanya strategi dasar mengenai rencana pembangunan yang akan dilaksanakan

Jika tujuan sudah ditentukan maka perlu juga ditetapkan strategi dasar yang akan diambil dalam melaksanakan serangkaian kegiatan ekonomi. Strategi dasar ini nantinya akan dikembangkan untuk menyusun rencana-rencana lain terkait detail pelaksanaan pembangunan. Rencana detail ini dapat disusun dalam bentuk kerangka untuk mempermudah.

  1. Adanya penjelasan mengenai kerangka kebijaksanaan

Di dalam suatu rancangan tindakan ekonomi pasti ada kebijakan-kebikajan yang terkait di dalamnya. Oleh karena itu perlu dijelaskan uraian mengenai segala kebijaksanaan yang berkaitan seperti contohnya kebijakan moneter, kebijakan pengaturan harga, kebijakan pembangunan dan masih banyak lagi. Uraian tentang kebijakan ini dapat menjaga semua rencana yang disusun masih berada dalam koridor hukum yang benar.

  1. Adanya perkiraan segala sumber daya yang terlibat di dalamnya

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional, Kelebihan, dan Kekurangannya

Hal ini bisa dikatakan sangat penting di dalam sebuah rancangan kegiatan pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi pasti tidak dapat terlaksana tanpa adanya berbagai sumber daya yang berperan di dalamnya. Sumber daya ini bisa berupa sumber daya modal, sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya yang penting untuk diperhitungkan dengan tepat adalah sumber daya modal. Modal ini bisa berasal dari dana pemerintah, tabungan, pinjama luar negeri dan masih banyak yang lainnya. Segala yang terkait modal ini perlu dipastikan ketersediaannya sebelum membuat suatu rencana pembangunan perekonomian.

Keberhasilan suatu rencana kegiatan pembangunan ekonomi ini bisa ditentukan dari beberapa parameter, diantaranya adalah tercapainya tujuan yang telah ditentukan pada awal perencanaan pembangunan ekonomi, terjaminnya keseimbangan ekonomi nasional, adanya mobilisasi sumber daya, meningkatnya urbanisasi masyarakat, terjadinya perubahan struktur ekonomi, meningkatnya nilai angka tabungan, semakin baiknya sektor kesehatan serta pendidikan, berkurangnya angka kriminalitas, meningkatnya angka indeks pembangunan nasional, meningkatnya indeks kualitas hidup serta meningkatnya nilai pendapatan per kapita masyarakat.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan