2 Kelompok Masalah Pokok Ekonomi Mendasar

Posted on

Ilmu ekonomi adalah salah satu ilmu yang menarik untuk dipelajari. Hal ini karena ilmu satu ini mempelajari praktikal yang terjadi di masyarakat. Mengenai berbagai hal yang terjadi mulai dari penemuan masalah sampai dengan bagaimana cara mengatasinya dengan berbagai pendekatan. Ada banyak masalah yang dapat ditemukan menyangkut perekonomian. Masalah pokok ekonomi kerap menjadi perbincangan yang hangat di banyak kalangan masyarakat.  Berdasarkan ilmunya, permasalahan pokok ekonomi ini dapat dibedakan menjadi 2 kelompok utama. Kelompok yang pertama adalah masalah ekonomi klasik. Sedangkan kelompok yang kedua adalah masalah ekonomi modern. Pada ulasan kali ini dibahas mengenai kedua masalah pokok ekonomi tersebut. Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ulasannya untuk Anda.

Masalah Pokok Ekonomi Klasik

Baca Juga : Faktor Ekonomi Dalam Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Ada 3 masalah utama yang terjadi pada ekonomi klasik. Adapun ketiga masalah ekonomi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Produksi

Masalah pokok ekonomi yang pertama adalah masalah produksi. Agar kita dapat memenuhi kebutuhan membuat suatu barang yang dapat memenuhi kebutuhan adalah hal yang harus dilakukan. Kegiatan ini disebut dengan kegiatan produksi. Untuk melakukan kegiatan produksi, sebelumnya, seorang produsen harus mampu mengetahui permintaan pasar. Jenis jasa dan barang apa saja yang dibutuhkan agar dapat tepat sasaran.

  1. Distribusi

Masalah yang kedua adalah masalah distribusi. Masalah distribusi adalah masalah yang penting untuk diselesaikan karena menyangkut penyampaian produk sampai ke konsumen.

  1. Ekonomi

Masalah terakhir adalah masalah ekonomi. Masalah ini berkaitan dengan pemanfaatan produk. Apakah produk yang dibuat produsen dapa bermanfaat dan memenuhi kebutuhan konsumen? Hal tersebut adalah masalah yang harus di atasi karena menyangkut keberlangsungan produksi.

 

Masalah dan Cara Mengatasi Sistem Ekonomi Modern

Cara mengatasi sistem ekonomi modern tentunya dapat diketahui jika kita sudah mengetahui masalahnya terlebih dahulu. Nah, masalah tersebut dibahas dalam ulasan kali ini. Ada beberapa masalah ekonomi modern yang dapat ditemukan. Antara lain sebagai berikut.

  1. Apa?

Masalah yang berkaitan dengan pertanyaan ‘apa’. Apa barang yang seharusnya kita produksi? Atau jasa apa yang seharusnya kita pilih? Kedua pertanyaan tersebut adalah masalah pertama kita. Cara mengatasi sistem ekonomi modern ini salah satunya dengan melakukan survey pasar. Barang tidak lagi hanya sebagai pemenuh kebutuhan saja, ada banyak faktor lain yang mempengaruhi seperti tren yang sedang berkembang, dan sebagainya.

  1. Bagaimana?

Masalah yang kedua adalah kaitannya dengan ‘bagaimana’. Masalah tersebut misalnya adalah bagaimana membuat sistem efisien sehingga dapat menekan biaya produksi? Cara mengatasi sistem ekonomi modern tersebut salah satunya adalah dengan modernisasi alat. Menambah mesin produksi atau mencari tenaga kerja yang terlatih.

  1. Untuk siapa?

Baca Juga : Sistem Ekonomi Pasar Salah Satu Sistem Dalam Lingkup Ekonomi

Masalah yang selanjutnya berkaitan dengan untuk siapa produk kita dibuat. Masalah ini kaitannya dengan target pasar yang dituju. Hal ini sangat penting untuk mengetahui  target pasar mana yang paling menguntungkan dan paling cocok dengan produk yang dimiliki. Cara mengatasi sistem ekonomi modern satu ini adalah dengan mematok konsumen mana yang cocok dengan produk Anda. Apakah konsumen menengah ke atas, atau menengah ke bawah. Atau bisa juga kelompok konsumen spesifik seperti ibu rumah tangga, anak sekolah, dan sebagainya.

Itu tadi ulasan mengenai masalah pokok ekonomi. Ada dua bagian besar yaitu masalah ekonomi klasik dan modern. Keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Semoga ulasan tersebut dapat menambah informasi Anda dalam kaitannya dengan permasalahan ekonomi yang ada.

 

Leave a Reply