10 Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando

Diposting pada

Sistem ekonomi komando adalah sistem perekonomian  dimana seluruh kegiatan ekonomi di pasar dikontrol penuh oleh pemerintah. Mulai dari modal hingga sumber daya produksi dimiliki oleh pemerintah. Dalam sistem perekonomian komando, pemerintah mengatur kegiatan-kegiatan ekonomi seperti jumlah barang/jasa yang beredar, harga barang/jasa, cara memproduksinya dan

10 Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando

Agar mengetahui lebih dalam mengenai sistem perekonomian komando, berikut adalah 10 ciri-ciri sistem ekonomi komando, antara lain:

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional, Kelebihan, dan Kekurangannya

  • Kebijakan Ekonomi Dipegang Penuh Pemerintah

Kebijakan ekonomi dalam sitem ekonomi sosialis atau komando dipegang penuh oleh pemerintah. Pemerintah memiliki wewenang dan otoritas atas kegiatan dan kebijakan ekonomi. Artinya, maju mundurnya perekonomian negara bergantung pada kebijakan pemerintah tersebut.

  • Semua Jenis dan Bentuk Sumber Daya Menjadi Kepemilikan Pemerintah

Sistem ekonomi terpusat, pemerintah memiliki hak kepemilikan penuh terhadap semua sumber daya dan alay produksi yang ada pada negara tersebut. Seperti sumber daya alam, sumber daya manusia dan alat produksi. Dalam menentukan produksi dan inovasi produk baru maka harus memerlukan izin pemerintah.

  • Pengawasan dan Pengontrolan Penuh Oleh Pemerintah

Selain memegang kebijakan ekonomi, pemerintah juga melakukan pengawasan dan pengontrolan penuh terhadap kegiatan-kegiatan ekonomi mulai dari proses produksi hingga kegiatan jual beli di pasar.

  • Hak Perorangan Tidak Diakui

Dalam sistem ekonomi komando, individu tidak diijinkan untuk memiliki usaha dan sebagai  pemilik perusahaan. Melainkan individu hanya sebagai aktor di dalam proses jalannya produksi dan kegiatan ekonomi lainnya, bukan sebagai pemilik. Sehingga, biasanya di sistem perekonomian ini individu tidak diijinkan untuk sebagai wirausaha.

  • Pihak Swasta Tidak Bisa Bergerak Bebas

Sistem ekonomi terpusat yang kebijakannya dipegang penuh oleh pemerintah membuat pihak swasta tidak bisa bergerak bebas seperti menanam saham atau mengambil sumber daya pada negara tersebut. Pasalnya, segala sesuatu yang berkaitan dengan hal ekonomi dimiliki penuh oleh pemerintah.

  • Tidak Ada Kesenjangan Sosial

Kelebihan dari sistem ekonomi ini adalah tidak adanya kesenjangan sosial. Pasalnya, pemerintah bijak dalam mengatur pemerataan pendapatan masyarakat. Sehingga tidak ada masyarakat kaya dan masyarakat miskin.

  • Kondisi Ekonomi Cenderung Stabil

Ciri-ciri sistem ekonomi komando yang menjadi kelebihan lain adalah kondisi ekonomi yang cenderung stabil. Hal ini disebabkan pemerintah jeli dalam mengawasi dan menangani permasalahan-permasalahan ekonomi seperti inflasi dan deflasi. Karena pemerintah memegang otoritas atas kegiatan ekonomi, maka pemerintah memiliki tanggungjawab dalam menangani dan memperbaiki permasalahan ekonomi di negara tersebut. Dengan adanya kontrol dari pemerintah yang tanggap, maka kondisi perekonomian cenderung stabil.

  • Kebebasan Individu Untuk Berwirausaha Dilarang

Sumber daya beserta pemilik produksi dimiliki seluruhnya oleh pemerintah. Sehingga individu tidak diijinkan untuk menjadi wirausaha sebagai pemilik perusahaan. Apabila seseorang ingin menjadi wirausaha pun harus mendapat ijin dari pemerintah.

  • Kepentingan Masyarakat Diutamakan

Hal positif dari sistem ekonomi terpusat, pemerintah mengutamakan kepentingan masyarakat seperti melayani kebutuhan-kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan dengan fokus dalam hal produksi. Pada umumnya, pemerintah melakukan produksi dalam jumlah yang besar untuk melayani kebutuhan masyarakatnya.

Baca juga : Indikator dan Cara Menghitung pertumbuhan ekonomi

  • Keadilan Diperhatikan

Ciri-ciri terakhir yang menjadi kelebihan lain adalah keadilan yang diperhatikan untuk masyarakatnya. Pemerintah menempatkan individu-individu dalam tempat yang sesuai bidang dan keahliannya. Di sisi lain, tidak ada intervensi dari pihak lain sehingga pemerintah mampu memberikan keadilan untuk masyarakatnya.

Demikianlah 10 ciri-ciri sistem ekonomi komando yang telah disampaikan di atas. Semoga informasi di atas dapat berguna sebagai referensi dan menambah wawasan Anda.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan